Penerapan Pembelajaran Paikem Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Kelas V SD Negeri 73 Kaur

Authors

  • Wiwik Utami SD Negeri 73 Kaur

Keywords:

Motivasi dan Hasil Belajar, PAIKEM, PAI.

Abstract

Tujuan Penelitian penelitian ini adalah :1. Untuk mengetahui penerapan Metode PAIKEM dalam Pembelajaran PAI dapat meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kelas V SD NEGERI 73 KAUR. 2. Untuk Mengetahui Apakah penerapan metode PAIKEM dapat meningkatkan Hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran PAI di kelas V SDN 73 Kaur. Penelitian ini menerapkan metode PAIKEM sebagai upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas V SD Negeri 73 Kabupaten Kaur. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam II Siklus, tiap siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 73 kabupaten Kaur berjumlah 12 siswa yaitu 4 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes tertulis. Berdasarkan Hasil penelitian dapat disimpulkan yaitu: terjadi peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa secara berturut- turut dari siklus I ke siklus II yaitu persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 75% meningkat pada siklus II menjadi 41,66% kenaikan persentase ketuntasan belajar tersebut sejalan dengan peningkatan proses pembelajaran, baik guru maupun siswa, dimana pada siklus I aktivitas guru memperoleh skor 28 dengan kategori cukup dan meningkat pada siklus II dengan skor 34 dengan kategori baik. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 21 dengan kategori cukup, meningkat pada siklus II dengan skor 25 dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa melalui Penerapan Metode PAIKEM dapat meningkatkan motivasi dan hasil hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI siswa kelas V SD Negeri 73 Kaur .

References

Arikunto, S. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Asma, Nur. 2006. Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Depdiknas.

Badan Standar Nasional Pendidikan (2007) Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 20 Tahun 2007. Tentang standar penilaian pendidikan untuk satuan pendidikan dasar dan menengan, Jakarta

Badan Standar Nasional Pendidikan (2007), Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 41 Tahun 2007. Tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan dasar dan menengah, Jakarta

Bundu. 2006. Guru Sebagai Pendidik formal. Bandung : Bumi Aksara

Depdiknas. 2006. Kurikulum 2007 Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas

Depdiknas. 2003. Kamus Bahasa Indonsia. Jakarta: Balai Pustaka

Departemen pendidikan RI, Undang-Undang RI No. 2 tahun 2003: Sisdiknas

Djamarah, S.B., 2002, Rahasia Sukses Belajar, Rineka Cipta

Djamarah, Bahri, S dan Aswan Zain. 1996. Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta

Hartadji, Nursyafii. 2001. Pengembangan dan uji coba perangkat kontekstual teaching learning; Jakarta: Depdikbud

Hasan. 2006. Proses Belajar mengajar di Kelas. Jakarta:Bumi Aksara

http://www.blogger.com/feeds/48932621586921551/postes/default

Ismail. 2002. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Moh.Uzer Usman dan Lilis Setiawati, 1993, Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar, Bandung, Remaja Rosdakarya

Muslich, Masnur. 2007. Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara

Nasution. 1982. Proses Belajar mengajar. Jakarta: Sinar Baru

Sukmadinata, Nana Syaodih.. 2005. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: remaja Rosdakarya.

Suharjono. 2007. Metode Pembelajaran Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya

Sagala, Syaiful. 2006. Konsep dan Makna dalam Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Sinaga, Jumiati. Penerapan Pendekatan Kontekstual Melalui Pemberian Tugas Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas III SDN No. 20 Kota Bengkulu. Universitas Terbuka.

Slameto. 1988. Belajar dan Factor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Soemanto, Wasti, 2006, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta

Soetomo. 1993. Dasar-dasar Interaksi belajar Mengajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Sudjana, N, 1989. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

---------, 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sukmadinata, Nana, S. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sumantri, M.Permana, J. 1999. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud

Sumatmaja.1984. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Syarbaini,syahril, dkk. 2006. Membangun Karakter dan Kepribadian Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Graha Ilmu

Usma, M. Zuber. Menjadi Guru Professional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wardani. 2004. Penilaian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Zuriah, Nurul. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti. Jakarta: Sinar grafika ofset

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles