Penerapan Pembelajaran Paikem Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Kelas V SD Negeri 73 Kaur
Keywords:
Motivasi dan Hasil Belajar, PAIKEM, PAI.Abstract
Tujuan Penelitian penelitian ini adalah :1. Untuk mengetahui penerapan Metode PAIKEM dalam Pembelajaran PAI dapat meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kelas V SD NEGERI 73 KAUR. 2. Untuk Mengetahui Apakah penerapan metode PAIKEM dapat meningkatkan Hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran PAI di kelas V SDN 73 Kaur. Penelitian ini menerapkan metode PAIKEM sebagai upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas V SD Negeri 73 Kabupaten Kaur. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam II Siklus, tiap siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 73 kabupaten Kaur berjumlah 12 siswa yaitu 4 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes tertulis. Berdasarkan Hasil penelitian dapat disimpulkan yaitu: terjadi peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa secara berturut- turut dari siklus I ke siklus II yaitu persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 75% meningkat pada siklus II menjadi 41,66% kenaikan persentase ketuntasan belajar tersebut sejalan dengan peningkatan proses pembelajaran, baik guru maupun siswa, dimana pada siklus I aktivitas guru memperoleh skor 28 dengan kategori cukup dan meningkat pada siklus II dengan skor 34 dengan kategori baik. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 21 dengan kategori cukup, meningkat pada siklus II dengan skor 25 dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa melalui Penerapan Metode PAIKEM dapat meningkatkan motivasi dan hasil hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI siswa kelas V SD Negeri 73 Kaur .
References
Arikunto, S. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Asma, Nur. 2006. Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Depdiknas.
Badan Standar Nasional Pendidikan (2007) Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 20 Tahun 2007. Tentang standar penilaian pendidikan untuk satuan pendidikan dasar dan menengan, Jakarta
Badan Standar Nasional Pendidikan (2007), Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 41 Tahun 2007. Tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan dasar dan menengah, Jakarta
Bundu. 2006. Guru Sebagai Pendidik formal. Bandung : Bumi Aksara
Depdiknas. 2006. Kurikulum 2007 Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas
Depdiknas. 2003. Kamus Bahasa Indonsia. Jakarta: Balai Pustaka
Departemen pendidikan RI, Undang-Undang RI No. 2 tahun 2003: Sisdiknas
Djamarah, S.B., 2002, Rahasia Sukses Belajar, Rineka Cipta
Djamarah, Bahri, S dan Aswan Zain. 1996. Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta
Hartadji, Nursyafii. 2001. Pengembangan dan uji coba perangkat kontekstual teaching learning; Jakarta: Depdikbud
Hasan. 2006. Proses Belajar mengajar di Kelas. Jakarta:Bumi Aksara
http://www.blogger.com/feeds/48932621586921551/postes/default
Ismail. 2002. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.
Moh.Uzer Usman dan Lilis Setiawati, 1993, Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar, Bandung, Remaja Rosdakarya
Muslich, Masnur. 2007. Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara
Nasution. 1982. Proses Belajar mengajar. Jakarta: Sinar Baru
Sukmadinata, Nana Syaodih.. 2005. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: remaja Rosdakarya.
Suharjono. 2007. Metode Pembelajaran Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya
Sagala, Syaiful. 2006. Konsep dan Makna dalam Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Sinaga, Jumiati. Penerapan Pendekatan Kontekstual Melalui Pemberian Tugas Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas III SDN No. 20 Kota Bengkulu. Universitas Terbuka.
Slameto. 1988. Belajar dan Factor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Soemanto, Wasti, 2006, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta
Soetomo. 1993. Dasar-dasar Interaksi belajar Mengajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Sudjana, N, 1989. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
---------, 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sukmadinata, Nana, S. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sumantri, M.Permana, J. 1999. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud
Sumatmaja.1984. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
Syarbaini,syahril, dkk. 2006. Membangun Karakter dan Kepribadian Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Graha Ilmu
Usma, M. Zuber. Menjadi Guru Professional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wardani. 2004. Penilaian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Zuriah, Nurul. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti. Jakarta: Sinar grafika ofset
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Wiwik Utami
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.