Pendidikan Profesi Guru sebagai Progres Peningkatan Profesionalisme dan Kompetensi Guru

Authors

  • Isnaini SMPN 26 Seluma Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu

Keywords:

Pengembangan guru profesional, Pendidikan Profesi Guru

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana peran PPG dalam meningkatkan profesionalisme guru. PPG adalah program pendidikan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan lulusan S-1 kependidikan dan non kependidikan untuk menguasai kompetensi guru secara utuh sesuai dengan standar pendidikan. Salah satu kompetensi yang harus dimiliki guru pada era pendidikan 4.0 adalah kompetensi profesional. Seorang guru sebagai tenaga profesional dibuktikan dengan sertifikat pendidik. Sertifikat pendidik dapat diperoleh melalui program pendidikan profesi atau Pendidikan Profesi Guru atau PPG. Melalui PPG, guru dapat meningkatkan kemampuan dalam memilih dan menguasai bahan ajar, merencanakan, mengembangkan, dan mengaktualisasi proses belajar mengajar yang produktif

References

Collins, J. W., & O’Brien, N. P. (Eds.). (2011). The Greenwood Dictionary of Education (2nd ed.).

Santa Barbara, CA:Greenwood. IEA. (2006). PIRLS 2006 International Report. Chestnut Hill, US: TIMSS & PIRLS International Study Center

Ghufron, A. (2010). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Profesi Guru (Diktat: FIP UNY). Yogyakarta, JATENG: FIP, UNY.

Halimah, M. (2010). Pengaruh Peningkatan Profesional Guru Dalam Bidang Studi Ips di Kecamatan Rajapolah Tasikmalaya. Saung Guru, 1(10), 2038.

IMD. (2018). Digital Competitiveness Rangking. Lausanne, Switzerland: IMD World Competitiveness Center.

Kemendikbud. (2018). Neraca Pendidikan Daerah. Jakarta : Kemendikbud. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

(2005). Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta, Indonesia: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta, Indonesia: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2005). Peraturan pemerintah RI nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan. Jakarta, Indonesia: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2003). Undang – Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Basional. Jakarta, Indonesia: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2005). Peraturan Pemerintah RI Nomor 74 Tahun 2008 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta, Indonesia: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 87 Tahun 2013 tentang Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan. Jakarta, Indonesia: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kharizmi, M. (2015). Kesulitan Siswa Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 11 – 21.

Koswara, & Rasto. (2016). Kompetensi dan Kinerja Guru Berdasarkan Sertifikasi Profesi. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 64 – 65.

Linda, L. (2017). Analisis Penguasaan Kompetensi Pedagogik dan Profesional Mahasiswa Calon Guru Matematika Dalam Mata Kuliah Micro-teaching. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 66 – 67.

Pangestika, R, R., & Alfarisa, F. (2015). Pendidikan Profesi Guru (PPG): Strategi Pengembangan Profesionalitas Guru dan Peningkatan Mutu Pendidikan Indonesia. Prosiding Seminar Nasional. Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta: PPs UNY.

Partnership for 21st Century Skills (P21). (2018). Framework for 21st century learning. Diakses dari http://www.p21. org/our-work/p21-framework.

Ristekdikti. (2017). Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Profesi Guru. Jakarta, Indonesia : Ristekdikti.

Ristekdikti. (2018). Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Profesi Guru. Jakarta, Indonesia : Ristekdikti.

Suryanto & Djihad. (2012). Calon Guru dan Guru Profesional. Yogyakarta, Indonesia: Multi Pressindo.

Triwinarni, E. (2016). Evaluasi Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pendidikan Agama Islam di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 3rd prosiding of interdiscpiplinary Postgraduate Student Conference, Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Yogyakarta, Indonesia: UMY.

UNDP. (2018). Human Development Indices and Indicators: Statistical Analysis. Washington, DC: Human Development Report Office.

Usman, M. U. (2006). Menjadi Guru Profesional. Bandung, Indonesia : Remaja Ros- dakarya.

Wahyuni, D. (2018). Peningkatan Kompetensi Guru Menuju Era Revolusi Industry 4.0. Diakses dari https://berkas.dpr.go.id/uslit/files/info_singkat/Info%20Singkat-X-24-II-P3DI-Desember-2018-218.pdf

Downloads

Published

2021-11-27

Issue

Section

Articles