Peran Guru PAI Dalam Membentuk Kedisiplinan Siswa SD Negeri 031 Kabupaten Bengkulu Utara

Authors

  • Sarinah SDN 031 Bengkulu Utara

Keywords:

Peran Guru, Kedisiplinan Siswa.

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membentuk Kedisplinan siswa di SD Negeri 031 Bengkulu Utara. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif, yakni suatu proses penelitian yang menghasilkan data deskriptif baik berupa tulisan atau ungkapan yang diperoleh langsung dari lapangan atau wilayah penelitian. Sedangkan analisa data yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, yakni menguraikan, mendeskripsikan dan mengungkapkan gagasan-gagasan atau ide-ide. Adapun informan pada penelitian ini adalah Guru PAI, Guru Kelas dan Kepala sekolah SD Negeri 031 Bengkulu Utara. Setelah data di analisis diperoleh kesimpulan bahwa: kurangnya kedisiplinan belajar siswa di SD Negeri 031 Bengkulu Utara disebabkan oleh kurangnya pengawasan oleh guru dan karena pengaruh lingkungan anak. Upaya guru PAI dalam pembentukan kedisiplinan siswa adalah dengan cara memberikan contoh disiplin kepada siswa.

References

A.M, Sardiman, Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar (Jakarta: Rajawali Pers,Cet IV, 2008)

Anwar, Desy, Kamus Lengkap Inggris Indonesia (Surabaya: Amalia, 2011)

——-, Kamus Lengkap Inggris Indonesia (Surabaya: Amalia, 2011)

Arikunto, Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek (jakarta: Rineka Cipta, 2010)

——-, Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek (Jakarta: Rineka Cipta, 2010)

Departemen Agama RI, Pedoman Pendidikan Agama Islam Untuk Sekolah Umum (Jakarta, 2004)

Djamarah, Syaiful Bahri, Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif (Jakarta: Rineka Cipta, 2000)

Djatmiko, Purwo, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia (Surabaya: Anugrah, 2012)

Hidayat, murtaza muhammad bin aish penerjemah Dadan, Kumpulan Hdis Pilihan (Bandung: Devine Islam, 2011)

Lexy, Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 2010)

Margono, Metode Penelitian Pendidikan (Jakarta: Rineka Cipta, 2008)

Rahma, Salsabila, Pengertian Disiplin, Macam-Macam Disiplin Dan Manfaat Disiplin, (http://www.academia.edu, 2013)

——-, ‘Pengertian Disiplin,Macam-Macam Disiplin Dan Manfaat Disiplin’, 2013

Rahman, Arif, Pengertian Dan Bentuk Kedisiplinan Di Sekolah, 2012

——-, Pengertian Dan Bentuk Kedisiplinan Di Sekolah (Http://afabelajar.blogspots.co.id, 2012)

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif (Bandung: Alfabeta, 2010)

——-, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif (Bandung: Alfabeta, 2010)

Sulistyoko, Arie, ‘Tanggung Jawab Keluarga Dalam Pendidikan Anak Di Era Kosmopolitan (Tela’ah Tafsir Kontemporer Atas Surat At-Tahrim Ayat 6)’, IQRO: Journal of Islamic Education, 1.2 (2018), 177–92 <https://doi.org/10.24256/iqro.v1i2.499>

Syamsudin, Kedisiplinan Dan Pendidikan Dalam Lingkungan Sekolah, 2017

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles