Meningkatkan Prestasi Belajar PAI Menggunakan Metode Problem Solving Pada Siswa Kelas III SDN 185 Bengkulu Utara Tahun Pelajaran 2022/2023
Keywords:
Prestasi Belajar, Problem SolvingAbstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah penggunaan metode pembelajaran oleh guru Pendidikan Agama Islam yang masih bersifat konvensional sehingga peserta didik tidak tertarik untuk memperhatikan materi pembelajaran sehingga berpengaruh terhadap prestasi belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam melalui metode problem solving pada siswa kelas III SD Negeri 185 Bengkulu Utara, Kabupaten Bengkulu Utara tahun pelajaran 2022/2023. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat dikatakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode Problem Solving dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini ditinjukkan pada kondisi awal siswa yang mendapat nilai sama atau di atas KKM 75 yang tuntas ada 7 siswa (38,88%) dan yang belum tuntas 11 siswa (61,11%), siklus I yang mencapai ketuntasan belajar 11 siswa (61,11%) dan siswa yang belum tuntas 7 siswa (38,89%), sedangkan pada siklus II yang mencapai ketuntasan belajar adalah sebanyak 17 siswa (94,44%), dan ada satu siswa yang dinyatakan belum tuntas. Nilai rata- rata pra siklus = 56,67, nilai rata-rata siklus I = 74,72, nilai rata-rata siklus II = 84,72 lebih tinggi.
Kata Kunci: Prestasi Belajar, Problem Solving
References
Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Departemen Agama RI. 2004. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Surabaya: Mekar Surabaya
Depdiknas .2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas
Elliot, John.(1982). "Developing Hypothesis abot Classroom from Teachers Practical Constructs: an Account of the Work of the Ford Teaching Project". The Action Research Reader Geelong Vcitoria: Deakin University.
Margono. 2000. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Suyadi. (2010). Psikologi Belajar Anak Usia Dini. Yogyakarta: PEDAGOGIA
Trianto (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Solihat Solihat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.