Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Berkirim Salam Dan Soal Bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 01 Bengkulu Utara

Authors

  • Suhada Syibro Melisi SMP Negeri 01 Bengkulu Utara

Keywords:

Teknik Pembelajaran Kooperatif Berkirim Salam Dan Soal, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan Teknik Pembelajaran Kooperatif Berkirim dan Soal Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 01 Bengkulu Utara. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari dua kali pertemuan. Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang diteliti adalah siswa kelas VIII siswa SMP Negeri 01 Bengkulu Utara jumlah siswa 32 orang, terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Karakteristiknya adalah bahwa siswa tidak memiliki keberanian untuk menanyakan pendapatnya dan menjelaskan materi pembelajaran.

References

Deporter, Bobi & Mike Hernacki, (1999), Quantum Learning. Bandung: Kifa

Djaafar, Tengku Zahara (2001). Konstribusi Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar. Jakarta: FIP UNP

Ibrahim, Muslimin Dkk (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA Unibersity

Lie, Anita (2002). Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo

Mulyani. S dan Johar Permana. 1999. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Prayitno, (1973). Tehnik bimbingan penyuluhan dasar-dasar pengungkapan masalah. Padang: FIP-IKIP Padang.

Rostiyah, N.K., 1989. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Bina Aksara.

Sardiman A.M., 1987. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Pedoman Bagi Guru dan Calon Guru, Jakarta: Rajawali Press.

Slameto (1995). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Slavin, Robert E (1995). Cooperatif Learning; Teory Research and Practice. Singapura: Allyn & Bacon

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles