Hubungan Pengaruh Sikap Siswa Terhadap Pembelajaran Guru Dan Bimbingan Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Di SMP N 126 PK-LK Kaur Kabupaten Kaur
Keywords:
Sikap Siswa, Pembelajaran, Bimbingan Pendidikan Agama Islam, Keluarga, Hasil Belajar.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bagaimana sikap siswa terhadap hasil belajar guru terhadap PAI. 2) mengetahui bagaimana PAI dalam bimbingan keluarga terhadap hasil belajar PAI. 3) mengetahui bagaimana sikap siswa tentang pembelajaran guru dan bimbingan PAI dalam keluarga terhadap hasil belajar PAI. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP 1 Curup Selatan yang berjumlah 106 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan angket. Hasil penelitian: 1) terdapat pengaruh yang signifikan dan positif sikap siswa tentang pembelajaran terhadap hasil belajar guru terhadap PAI, dengan r = 0,891; r2 = 0,793; dan thitung 10,734 > ttabel 2,045. 2) ada pengaruh positif dan signifikan bimbingan PAI terhadap hasil belajar keluarga terhadap PAI, dengan r = 0,912; r2 = 0,893; dan thitung 12,189 > ttabel 2,045. 3) ada pengaruh yang signifikan dan positif sikap siswa tentang pembelajaran guru dan bimbingan dalam keluarga PAI bersama terhadap hasil belajar PAI siswa, dengan R = 0,945; R2 = 0,832; dan Fhitung 121,175 > Ftabel 3.33.
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
-------, 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
-------, 2003. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hadi, Sutrisno. 1987. Metodologi Research I, II, III. Yogyakarta: Andi Offset
Purwanto, Ngalim. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2007). Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.
-------. (2009). Meted Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
-------. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta
Sukardi. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Suherman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.