Efektivitas Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV DI SDN 66 Kaur
Keywords:
Model Pembelajaran Talking Stick, Kuantitatif, Pendidikan Agama IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar perbedaan hasil belajar siswa mata pelajaran PAI sebelum menggunakan model talking stick dan sesudah menggunakan model talking stick di kelas IV SDN 66 Kaur. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi, dokumentasi, dan teknik pretest dan posttest. Penelitian ini dilaksanakan dengan sampel kelas IV SDN 66 Kaur yang berjumlah 15 siswa sebagai responden. Hasil sebelum menggunakan model talking stick nilai rata-ratanya 61,6 skor Sedangkan hasil nilai sesudah menggunakan model rendahnya 65 dan skor tertingginya 100. Hasil penelitian yang didapati bahwa sebelum menggunakan model talking stick siswa cenderung kejenuhan dalam proses pembelajaran, sedangkan sesudah mengguankan model talking stick siswa menjadi semangat dan aktif dalam belajar. Hal ini bahwa nilai rata-rata sebelum dan sesudah mengalami peningkatan yang signifikan. Dapat dilihat bahwa nilai rata-rata pretest 61,6, sedangkan nilai rata-rata posttest 94,3 sehingga ada peningkatan sebanyak 32,7. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa Pada pengujian hipotesis, dilakukan perhitungan dengan pengujian thitung.dari hasil perhitungan pretest thitung 61,67 sedangkan nilai posttest sebesar 94,33. Berdasarkan data tersebut diketahui thitung 61,7> 94,33, maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata antara nilai pretest dan posttest. Artinya, penggunaan model pembelajaran talking stick dianggap efektif terhadap pembelajaran PAI di kelas IV.
References
Anni, C. T. (2009). Psikologi Pendidikan. Semarang. Unnes Press.
Astuti, S. P. (2015). Pengaruh kemampuan awal dan minat belajar terhadap prestasi belajar fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1).
Djamarah, S. (2008). Psikologi Blajar. jakarta: PT Rineka Cipta.
Fathurrohman, M. (1919). Budaya religius dalam peningkatan mutu pendidikan: tinjauan teoritik dan praktik kontekstualisasi pendidikan agama di sekolah. -.
Fatimah, S., Affandi, A., & Munjiat, S. M. (2020). Pengaruh Penerapan Teknik Pembelajaran Card Sort (Pemilihan Kartu) Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Cirebon Desa Babakan Kecamatan Ciwaringin Kabupaten Cirebon. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1).
Hariko, R. (2017). Landasan filosofis keterampilan komunikasi konseling. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 41–49.
Indriana, D. (2011). Mengenal ragam gaya pembelajaran efektif. Yogyakarta: Divapress. Pangesti, I. R. (2018). Pengaruh Pendapatan, Religiusitas dan Lingkungan Terhadap Motivasi Masyarakat Dalam Membayar Zakat Infaq Shadaqah (Studi Kasus di Kecamatan Kedungkandang Kota Malang). Universitas Brawijaya.
Sada, H. J. (2015). Pendidik Dalam Perspektif Al-Qur’an. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 93–105.
Sugiyono, D. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulasteri, S., Rahman, U., Wahyuni, S., & Sriyanti, A. (2019). Penerapan Pendekatan Savi Dengan Mengintegrasikan Ayat-Ayat Alquran Ditinjau Dari Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, Dan Tradisi), 5(2), 243– 257.
Syafarina, L., Mulyasa, E., & Koswara, N. (2021). Strategi Manajerial Penguatan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 2036– 2043.
Syamsu, Y., & Nurihsan, J. (2005). Landasan bimbingan dan konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tumanggor, R. O. (2019). Analisa Konseptual Model Spiritual Well-Being Menurut Ellison Dan Fisher. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 3(1), 43–53.
Wirawan, Y. R. (2014). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Negeri Bandarkedungmulyo Jombang Tahun Ajaran 2012/2013. EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 2(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Tina Trisnawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.