Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di Kelas III SDN 181 Bengkulu Utara

Authors

  • Syifaul Wahid Sekolah Dasar Negeri 181 Bengkulu Utara

Keywords:

Media Pembelajaran Gambar, Hasil Belajar, Salat Kewajibanku.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi dengan bahasan salat kewajibanku dengan menggunakan media pembelajaran gambar gerakan salat Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2021 di kelas III SDN 181 Bengkulu Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan sampel 12 orang siswa. Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan terdiri dari dua siklus penelitian. Dari analisis data diperoleh gambaran bahwa penggunaan media pembelajaran gambar salat meningkatkan hasil belajar siswa. Jumlah siswa yang mengalami ketuntasan (nilai ≥ 70) meningkat dari 25% pada saat siklus I menjadi 83,33% pada siklus II. Selain meningkatkan hasil belajar siswa, penggunaan media pembelajaran juga berpengaruh dalam meningkatkan keaktifan siswa selama proses pembelajaran.

References

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa

Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara

Kusumah W. 2010. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks

Kusumah W. 2010. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks

Ramayulis, 2005. Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia

Sadiman, Arif S, dkk. 2010. Media Pendidikan, Jakarta: Bina Aksara

Sudjana, Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses BelajarMengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Surya, M. 2003. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Yayasan Bhakti Winaya

Syafaat, Aat. 2008. Peranan Pendidikan Agama Islamm dalam Mencegah Kenakalan Remaja (Juvenile Delinquncy), Jakarta: Rajawali Pres

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles