Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di Kelas III SDN 181 Bengkulu Utara
Keywords:
Media Pembelajaran Gambar, Hasil Belajar, Salat Kewajibanku.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi dengan bahasan salat kewajibanku dengan menggunakan media pembelajaran gambar gerakan salat Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2021 di kelas III SDN 181 Bengkulu Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan sampel 12 orang siswa. Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan terdiri dari dua siklus penelitian. Dari analisis data diperoleh gambaran bahwa penggunaan media pembelajaran gambar salat meningkatkan hasil belajar siswa. Jumlah siswa yang mengalami ketuntasan (nilai ≥ 70) meningkat dari 25% pada saat siklus I menjadi 83,33% pada siklus II. Selain meningkatkan hasil belajar siswa, penggunaan media pembelajaran juga berpengaruh dalam meningkatkan keaktifan siswa selama proses pembelajaran.
References
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa
Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara
Kusumah W. 2010. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks
Kusumah W. 2010. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks
Ramayulis, 2005. Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia
Sadiman, Arif S, dkk. 2010. Media Pendidikan, Jakarta: Bina Aksara
Sudjana, Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses BelajarMengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Surya, M. 2003. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Yayasan Bhakti Winaya
Syafaat, Aat. 2008. Peranan Pendidikan Agama Islamm dalam Mencegah Kenakalan Remaja (Juvenile Delinquncy), Jakarta: Rajawali Pres
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Syifaul Wahid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.