Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Dan Budi Pekerti Dengan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Di Kelas VIIIA SMPN 19 Bengkulu Utara Tahun Pelajaran 2019/2020

Authors

  • Zulaeha SMP Negeri 19 Bengkulu Utara

Keywords:

Upaya Guru, PAI, Minat Belajar Siswa, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya apa saja yang dilakukan dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMPN 19 Bengkulu Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data utama pada penelitian ini adalah siswa-siswi SMPN 19 Bengkulu Utara. Dari hasil penelitian yang dilakuakan pada penelitian ini adalah upaya guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMPN 19 Bengkulu Utara antara lain dengan memberikan motivasi, strategi yang variatif, metode yang sesuai dengan situasi dan kondisi serta media yang menarik dan sesuai materi. dalam upaya guru PAI ini tentunya ada beberapa kendala diantaranya siswa yang kurang semangat dalam belajar mata pelajaran PAI, terbatasnya pengawasan, kurangnya kesadaran siswa akan pentingnya belajar. Adapun solusi mengatasi hambatan ini antara lain, pihak sekolah memberikan bimbingan khusus pada siswa yang malas dalam belajar ada kerjasama orang tua dan sekolah untuk memberikan pengawasan serta menumbuhkan kesadaran siswa akan pentingnya belajar.

References

Drajat Zakia, Dkk., Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2008

Fathuhrohman, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: PT Refika Aditama, 2007

Majid Abdul dan Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2006

Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2001

Nata Abudin, Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana, 2009

Ramayulis, Metodologi Pendidikan agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2008

Slamento, Belajar dan Faktor-Faktor Mempengaruhi, Jakarta: Erlangga, 2003

Surya Muhammad, Percikan Perjuangan Guru, Semarang: Aneka Ilmu, 2003

Syah, Psikologi Belajar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2006

Undang-Undang Republik Indonesia, Nomor 20, Th.2003. Sistem Pendidikan Nasional Semarang Aneka Ilmu, 2003

Zuhairini dan Abdul Ghofir, Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (Malang: UM Press, 2003

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles