Penerapan Metode Bernyanyi Mata Pelajaran PAI Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Asmaul Husna Kelas V SDN 016 Bengkulu Utara

Authors

  • Yulia Ekasari SDN 016 Bengkulu Utara

Keywords:

Metode Bernyanyi, Hasil Belajar, Asmaul Husna PAI

Abstract

Penelitian bertujuan untuk melihat Penerapan “Metode Bernyanyi” Mata Pelajaran PAI dalam Meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Asmaul Husna. Dalam penelitian ini mengguna jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan analisa data dipersentasekan untuk menggambarkan data tersebut kedalam kalimat-kalimat sehingga didapat sebuah kesimpulan. Adapun data yang dicari dalam penelitian ini adalah data nilai hasil Tes tertulis pada materi Asmaul Husna kelas V SDN 016 Bengkulu Utara. Dari hasil penelitian dengan melihat nilai yang diperoleh siswa pada table persentase rekap nilai menunjukkan bahwa dari 28 siswa 26 siswa mendapat nilai diatas KKM dengan persentase 89%. Dan hanya 11% siswa yang belum tuntas Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bernyanyi pada materi Asmaul Husna kelas V SDN 016 Bengkulu Utara dapat meningkatkan Hasil Belajar Siswa.

References

Dr. Wahidmurni, M. P. (2017). No Title. Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Fitriya, A. (2019). No Title. 17(21), 141–166.

Hasim, W., Kusen, K., Hartini, H., & Daheri, M. (2021). Perencanaan Strategi Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada masa Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3884–3897. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1147

Ridwan1, & A.Fajar Awaluddin2. (2019). No Title. Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Raodhatul Athfal, Volume 13.

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin. 17(33), 81–95.

Rusli, M., Pendidikan, D., & Timur, L. (2014). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar / Deskriptif dan Studi Kasus. 1–13.

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles