Peningkatkan Kedisiplinan Hasil Belajar Siswa Melalui Reward Kelas VIII SMP Negeri 47 Bengkulu Utara

Authors

  • Nopi Septi Arisanti SMP Negeri 47 Bengkulu Utara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memastikan apakah dengan menggunakan Reward mampu untuk peningkatkan disiplin belajar siswa. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tiga siklus yang terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 47 Bengkulu Utara Kelas VIII Pada pelajaran pendidikan agama islam tahun ajaran 2022/2023. Instrumen yang digunakan adalah instrumen non tes berupa lembar observasi aktifitas guru dan siswa, disiplin belajar siswa. Teknik analisa data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan Reward mampu untuk meningkatkan sikap disiplin belajar siswa Kelas VIII SMP Negeri 47 Bengkulu Utara. Hal ini dapat dilihat dari hasil persentase aktifitas guru siklus I hanya 72,05% meningkat menjadi 80.76% pada siklus II dengan kategori Baik. Sedangkan hasil persentase aktifitas siswa siklus I hanya 71.10%, 81.64% pada siklus II dengan kategori Baik. Selain itu, persentase disiplin belajarnya mengalami peningkatan. Hal itu terlihat dari hasil Belajar persentase siklus I hanya 71.72% dan 81,14% di siklus II meningkat dengan kategori Baik, pada siklus III menjadi 92.75% dengan kategori Sangat Baik. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan Reward dapat untuk Peningkatkan sikap disiplin belajar siswa

References

A.Tabrani Rusyan, Siswa Teladan, Jakarta: Sinerga Pustaka Indonesia, 2006

Ahmad Rohani dan Abu Ahmadi, Pedoman Penyelenggaraan Administrasi Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara, 1991

Anas Sudijono, Pengantar Statistik Pendidikan. Bandung: Sinar Baru, 1994

Arikunto Suharsimi. 2019. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.

Arikunto Suharsimi. 2016. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet Ke-10. Jakarta: Balai Pustaka, 1999

Dolet Unaradjan, Manajemen Disiplin, Jakarta: PT Gramedia, 2003

E.Mulyasa. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja. Rosdakarya.

Henry L. N. Onderi dan Florence Y. Odera, “Disciplineas atool“.

Jamal Ma’mur Asmani, Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatifdan Inovatif, Cet Ke-6. Yogyakarta: Diva Press, 2010

Mustari, M. 2014. Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Ngalim Purwanto, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2011

Ronald L. Partin, Kiat Nyaman Mengajar di Dalam Kelas. Jakarta: PT Indeks

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Cet Ke-5, Jakarta: Rineka Cipta, 2010

Suryosubroto, B, 2004, Manajemen Pendidikan di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta

Wasty Soemanto, Psikologi Pendidikan, Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan Jakarta: Rineka Cipta, 1990

Wina Sanjaya, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Prenada Media Group, 2011

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles