Sejarah Turunnya Al-Qur’an Penuh Fenomenal (Muatan Nilai-Nilai Psikologi Dalam Pendidikan)

Authors

  • Roslaini SMP Negeri 09 Mukomuko

Abstract

Fenomena penerimaan wahyu al-Qur’an mengejutkan banyak pihak. Ini dapat dilihat dari peranan Nabi Muhammad SAW dipersiapkan secara bertahap, suatu masa penuh dengan kebimbangan dalam melihat berbagai kejadian, fenomena, dan visi pandangan yang ada, juga ikut bagian dalam mempersiapkan kematangan jiwanya, di mana malaikat Jibril berulang kali memperkenalkan diri. Malaikat Jibril untuk yang pertama kali memperkenalkan diri ketika beliau berkhalwat di Gua Hira, Jibril meminta Muhammad SAW membaca, dan beliau mengatahan tidak tahu, tidak tahu apa yang akan dibaca, sampai malaikat Jibril mengulangi tiga kali, dan beliau menjawab dalam keadaan serba bingung dengan penuh ketakutan sebelum mengetahui kenabian yang tak terduga dan baru pertama kali mendengar al-Qur’an, muatan psikologinya dalam pendidikan umat manusia

References

Al Qur’an dan Terjemahnya. Surabaya: Penerbit Mekar. 2004.

Al A’zami, M. M. Sejarah Teks al Qur’an: dari wahyu sampai kompilasi, Terjemah, Gema Insani Press, 2005

Djalal, Abdul, Ulumul Qur’an, Surabaya: Dunia Ilmu, Cet. 2, 2000.

Najati, Muhammad Usman, Psikologi dalam Al Qur’an: Terapi Qur’ani dalam penyembuhan gangguan kejiwaan, terjemah M. Zakka Al Farisi, Bandung: Pustaka Setia, Cet. 1, 2005.

Rahardjo, M. Dawam, Ensiklopedi al Qur’an:Tafsir sosial berdasarkan konsep-konsep kunci, Jakarta: Penerbit Paramadina kerja sama Ulumul Qur’an, cetakan ke-2, 2002.

Shaleh, K.H.O, H. A. A. Dahlan, dkk., Asbabun Nuzul: Latar belakang historis turunnya ayat-ayat al Qur’an, Bandung: Penerbit Diponegoro, Cet. Ke 10, 2011.

Shihab, M. Quraish Shihab, Membumikan al Qur’an: Fungsi peran wahyu dalam kehidupan masyarakat, Bandung: Mizan, Edisi ke-2, cetakan ke 1, 2013.

----------, Wawasan al Qur’an: Tafsir maudhu’i atas pelbagai persoalan umat, Bandung: Mizan, cetakan ke XV, 2005

----------, Tafsir al Misbah, Bandung: Lentera Hati, Vol 1, 2, 3 Cetakan ke 5.

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles