Strategi Proses Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam Melalui Penerapan Metode Inquiry Learning Dalam Materi Ibadah Puasa Membentuk Pribadi Yang Bertakwa Di Kelas VIII SMP Negeri 02 Lebong Kabupaten Lebong

Authors

  • Ruslan Sani SMPN 02 Lebong. Bengkulu

Abstract

Dalam dunia pendidikan yang menjadi tiga komponen utama dalam pembelajaran adalah guru, peserta didik dan kurikulum. Guru merupakan salah satu komponen utama dalam pembelajaran terutama dalam pengelolaan dan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Melalui proses belajar mengajar inilah peserta didik akan mengalami perkembangan ke arah yang lebih baik. Agar hal tersebut dapat terwujud maka diperlukan suasana proses belajar mengajar yang kondusif bagi peserta didik dalam melampaui tahapan-tahapan belajar secara efektif sehingga menjadi pribadi yang percaya diri, inovatif dan kreatif. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi ibadah puasa membentuk pribadi yang bertakwa melalui penerapan metode inquiry learning di kelas VIII-C SMP Negeri 02 Lebong. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2020;2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan siswa dalam memahami materi ibadah puasa membentuk pribadi yang bertakwa dapat dilakukan dengan menerapkan metode inquiry learning. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Dimana hasil post test siklus I mencapai rata-rata sebesar 71,41 dengan tingkat persentase kelulusan 53,13% dan pada siklus II meningkat menjadi 85,78 dengan tingkat persentase kelulusan 90,63%.

References

Abdullah, M. 2014. Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Fathurrohman. M. 2015. Model pembelajaran inovatif. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Al-Quran Terjemahan. 2015. Departemen Agama RI. Bandung: CV Darus. Aunurrahman, dkk. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Bambang Warsita. 2008. Teknologi Pembelajaran: Landasan &Aplikasinya, Jakarta: Rineka Cipta.

Darmiati Zuchdi. 1999. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta: Depdikbud.

Daryanto, 2013. Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrma Widya.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka. Cipta.

Djajadisastra. 1981. Metode-metode Mengajar. Bandung: Angkasa.

Isjoni. 2013. Cooperative Learning: Mengembangkan Kemampuan Belajar. Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Ismail SM. 2008. Stategi Agama Islam Berbasis PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Semarang: RaSAIL Media Group.

Joyce and Weil. 2011. Models of Teaching (Model-model Pengajaran). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Moh. Uzer Usman. 2006. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Mancana Jaya Cemerlang.

Muhaimin. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: Citra Media.

Nana Sudjana. 1990. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nana Sudjana. 1995. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Nana Sudjana. 2010. Dasar-dasar Proses Belajar, Bandung: Sinar Baru.

Oemar Hamalik. 2004. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Algensindo. Poerwati. 2008. Asesmen Pembelajaran SD. Semarang: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Rahyubi. 2014. Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Nusa Media.

Roestiyah. 1991. Strategi Belajar Mengajar. Cetakan Ke-4. Jakarta: Rineka. Cipta. Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Suprayekti. 2004. Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdiknas.

Suprijono. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana. Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

W.J.S. Poerwadarminta. 1994. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

W.S Winkel. 2004. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Wasliman. 2007. Modul Problematika Pendidikan Dasar, Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung: UPI Press.

Wiriaatmadja. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles