Pengaruh Model Pembelajaran PBL Terhadap Motivasi Belajar PAI Peserta Didik Kelas V Di SDIT Darul Fikri, Bengkulu Utara

Authors

  • Minaryati SDIT Darul Fikri, Bengkulu Utara

Keywords:

Problem Based Learning; Motivasi Belajar, Mata Pelajaran PAI

Abstract

Tujuan penelitian untuk menerapkan pembaharuan model pembelajaran ketika memberikan materi PAI saat proses belajar mengajar di kelas karena pendidik masih menggunakan model konvensional yang didominasi oleh metode ceramah, sehingga mengakibatkan keenggangan peserta didik berperan aktif dalam pembelajaran yang menimbulkan kejenuhan dan motivasi belajar peserta didik berkurang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilaksanakan dengan pendekatan korelasional. Hasil penelitian kelas V SDIT Darul Fikri Bengkulu Utara pembelajaran PAI pada Model Problem Based Learning peserta didik dapat terlibat aktif dan model tersebut sebagai salah satu alternative yang menjadikan pembelajaran lebih aktif, efektif, dan menyenangkan yang diharapkan mampu memotivasi peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Problem Based Learning berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar PAI. Model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap motivasi belajar PAI sebesar sebesar 40% peserta didik kelas V SDIT Darul Fikri Bengkulu Utara. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dapat memberikan motivasi peserta didik untuk hasil belajar yang maksimal pada mata pelajaran PAI kelas V SDIT Darul Fikri Bengkulu Utara.

References

Emzir. 2013. Metodologi Pendidikan: kuantitatif dan kualitatif, (Jakarta: Rajawali Pres).

Fikri, M., & Ferdinan, F. (2017). Peranan Manajemen Boarding school Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(01), 43-52.

Saefuddin, Asis dan Berdiati, Ika. 2016. Pembelajaran Efektif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya)

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cet. XXVI;Bandung: Alfabeta).

Tanjung, A.M. 2017. Jalan Sukses Menuju Pendidik Profesional, (Padang). Usman, M., & Nurhidaya, M. (2017). Pengaruh Penguasaan Psikologi Pembelajaran terhadap Peningkatan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Islam.

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles