Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran PAI dan BP di SMA Negeri 3 Bengkulu Tengah

Authors

  • Gotovia SMAN 3 Bengkulu Tengah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran PAI dan BP pokok bahasan perawatan jenazah siswa kelas XI IPA SMA 3 Bengkulu Tengah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian yaitu pada 11 september 2021 sampai 2 Oktober 2021 di kelas XI IPA SMA Negeri 3 Bengkulu Tengah. Metode pengumpulan data adalah observasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh Aktivitas siswa meningkat selama penerapan pembelajaran metode demonstrasi yakni secara klasikal prosentase ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebesar 52% dan pada siklus II meningkat menjadi 84%. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran metode demonstrasi dalam materi pengurusan jenazah telah membuktikan bahwa dengan menerapkan metode pembelajaran demonstrasi, hasil belajar siswa meningkat dengan presentase dari prasiklus, siklus I dan siklus II mengalami kenaikan di setiap pertemuan serta berhasil memenuhi kriteria ketuntasan

References

Mohamad Syarif Sumantri, Strategi Pembelajaran (Jakarta: Rajawali Pers, 2016), h. 279

Abuddin Nata, Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran, Jakarta, Kencana Prenada Media Group, Cet. I. 2009.

Jamaluddin Idris,Analisis Kritis Mutu Pendidikan, Banda Aceh, Taufiqiyah Sa’adah, 2005.

Kebijakan Pembangunan KarakterBangsa Pemerintah RI tahun 2010-2015.

M. Nasir Budiman. Pendidikan dalam Perspektif al-Quran. Jakarta, Madani Press, Cet. I, 2001

Mukhtar,Desain pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta,Misaka Galiza, 2003

Mustafa al-Ghalayaini,‘Idhdhatu al-Nasyiin, Pekalongan, Maktabah Raja Murah, 1913.

Riduwan.Metode & Teknik Menyusun Tesis. Alfabeta, Bandung, 2004.

Permanik, Hubungan Antara Minat Belajar, Gaya Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa, Jakarta, Bina Aksara, 1991.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2002

Downloads

Published

2021-11-27

Issue

Section

Articles