Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Submateri Qs. Al-Kafirun Menggunakan Media Audio Visual Siswa Kelas VI Semester I SDN 11 Lebong Tahun 2021

Authors

  • Happy Kurniadi SD Negeri 11 Lebong

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kualitas pembelajaran di kelas VI semester 1 SDN 11 Lebong pada submateri QS. Al-Kafirun belum sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini ditunjukkan oleh nilai rata-rata tes yang kurang dari Kriteria Ketuntasan Minimal/KKM (70) yang telah ditentukan, yaitu dari jumlah siswa 19 hanya 11 siswa saja yang sudah tuntas atau memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sedangkan 8 siswa yang lain memperoleh nilai kurang dari KKM, dan setelah di rata-rata dari 19 siswa diperoleh nilai rata-rata 68. Adapun rumusan masalahnya adalah apakah dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti pada submateri QS. Al-Kafirun siswa kelas VI semester 1 SDN 11 Lebong Tahun Pelajaran 2021/2022?. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori-teori yang berkaitan dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam, media audio visual, dan teori-teori yang berkaitan dengan keduanya. Adapun hipotesis yang peneliti ajukan dalam karya ilimiah ini adalah: ”Dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti pada submateri QS. Al-Kafirun siswa kelas VI semester 1 SDN 11 Lebong Tahun Pelajaran 2021/2022”. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, karena subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI semester 1 SDN 11 Lebong yang kurang dari 100 yaitu sebanyak 19 siswa. Sebagaimana diungkapkan oleh Dr. Suharsimi Arikunto bahwa ”Untuk sekedar ancer-ancer maka apabila subyeknya kurang dari 100, lebih baik diambil semua sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti pada submateri QS. Al-Kafirun siswa kelas VI semester 1 SDN 11 Lebong Tahun Pelajaran 2021/2022. Hal ini dibuktikan dari hasil nilai rata-rata ulangan harian yang mengalami peningkatan. Hal ini tampak dari nilai rata-rata hasil tes pra siklus 67 dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 58%, sedangkan nilai rata-rata hasil tes siklus I 72 dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 74%, dan nilai rata-rata hasil tes siklus II 77 dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti pada submateri QS. Al-Kafirun siswa kelas VI semester 1 SDN 11 Lebong Tahun Pelajaran 2021/2022

References

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002.

Arifin, Zainal, Evaluasi Pembelajaran, Jakarta Pusat, 2009.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 1992.

Asnawir dan M. Basyiruddin Usman, Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers, 2002.

Bahri Djamarah, Syaiful, dkk, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Penerbit Rineka Cipta, 2002.

Departemen Agama Republik Indonesia , Al-Qur'an dan terjemahannya, Bandung: CV Diponegoro, 2000.

Hakim, Thursan, Belajar secara Efektif, Jakarta: Puspa Swara, 2005. http://www.ilma95.net/tajwid.htm di akses tgl. 29 oktober 2021.

Hamalik, Oemar, Proses Belajar mengajar, (Jakarta:Bumi aksara, 2008.

Kholiq, Abdul, Modul Penerapan dan Pengembangan Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Materi Diklat Guru SD Aspek Fiqih (Model “Cooperative Learning”). Jakarta: Departemen Agama RI Badan Litbang Agama dan Diklat Keagamaan PUSDIKLAT Tenaga Teknis Keagamaan, 2009.

Lutfi, Ahmad, Pembelajaran Al-Quran & Hadits, Jakarta: Dirjen Pendidikan Islam Departemen Agama RI, 2009.

Mahmud An-najr, Muhammad, Hidayatul Mustafid, Semarang: Pustaka Alawiyah.

Maman Rahman, Penelitian Tindakan Kelas (Dalam Bagan), Semarang: UNNES PRESS, 2008.

Masri Singarimbun dan Sofian Effendi, Metode Penelitian Survai, Jakarta: L P3ES, 1989.

Mudjono, Dimyati, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.

Rusman, Deni Kurniawan, Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2011.

S. Sadiman, Arief, Media Pendidikan, Jakarta : Rajawali, 2003.

Sa’d Riyadh, Agar anak mencintai dan hafal Al-Qur’an bagaimana mendidiknya, Kairo: Muassasah Iqro’, 2007, Penerjemah Ahmad hotib LC., Bandung: Irsyad baitussalam, 2007.

Slameto, Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Soenarto, Ahmad, Terjemah Hidayatul Must afid, Semarang: Pustaka Al-Alawiyyah, 1991.

Sudjana, Nana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1995.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabeta, 2009.

Suprijono, Agus, Cooperative learning (Teori dan Aplikasi PAIKEM), Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Syams Madyan, Ahmad, Peta Pembelajaran Al-Qur’an, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.

W. Al-Hafidz, Ahsin, Kamus Ilmu Al-Qur’an, Jakarta: Amzah, 2008.

Wahab Rosyidi, Abdul, Media Pembelajaran Bahasa Arab, Malang: UIN Malang Press, 2009.

Wiria atmadja, Rochiati, Metode Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009.

Downloads

Published

2021-11-27

Issue

Section

Articles