PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MATERI ASMAUL HUSNA DI KELAS IV A SDN 2 SIDOWALUYO LAMPUNG SELATAN

studi di SDN 2 Sidowaluyo Lampung Selatan

Authors

  • NURHAYANI NURHAYANI SD Negeri 2 Sidowaluyo

Keywords:

Media Scrapbook dan Peningkatan Hasil Belajar

Abstract

 

ABSTRAK

PENGARUH MEDIA  PEMBELAJARAN SCRAPBOOK TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI  MATERI ASMAUL HUSNA DI KELAS IV A SDN 2 SIDOWALUYO LAMPUNG SELATAN

Oleh

Nurhayani, S. Pd

 

Penelitian ini merupakan upaya peningkatan hasil belajar siswa yang dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran khususnya Pelajaran PAI di kelas Materi Asmaul Husna  IV-A  SDN 2 Sidowaluyo Lampung Selatan  dikarenakan proses pembelajaran yang belum menggunakan media pembelajaran yang menarik bagi siswa. Menentukan media dalam proses pembelajaran di Madrasah demi meningkatkan kualitas pendidikan yang lebih baik di masa yang akan datang sangat diperlukan media yang tepat, salah satunya adalah dengan menggunakan media scrapbook. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan prestest dan postest, lembar aktivitas guru dan siswa serta angket respon siswa. Aktivitas guru pada siklus I 69,16% dan 91,66% pada siklus II. Aktivitas siswa pada siklus I adalah 68,33% dan pada siklus II menjadi 86,66%. Hasil belajar siswa pada siklus I sebanyak 25 siswa (67,56%) sudah tuntas sedangkan yang belum tuntas sebanyak 12 siswa (32,43%) dengan rata-rata hasil belajar siswa adalah 71,89%. Pada siklus II, siswa yang mencapai ketuntasan belajar meningkat menjadi 31 siswa (83,78%) dan 6 siswa  (16,21%) belum tuntas. Rata-rata hasil belajar siswa adalah 85,13% dan sudah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Respon siswa adalah positif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa meningkat melalui penggunaan media pembelajaran scrapbook.

 

 

Kata Kunci : Media Scrapbook dan Peningkatan Hasil Belajar

References

Afandi, Muhamad dkk. 2013. Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Semarang: UNISSULA PRESS.

Alfia, Nur dkk. 2018. Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik), Media Scrapbook Sebagai Jurnal Refleksi Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Regulasi Diri. Vol.3 No. 1. Universitas Negeri Semarang.

Arikunto, Suharsimi dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta Bumi Aksara. Arsyad, Azhar. 2009. Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas (untuk) guru. Bandung: Yrama Widya.

Bungin, Burhan. 2013. Metodologi Penelitian Sosial & Ekonomi. Jakarta: Kencana.

Daryanto, 2012. Media Pembelajaran, Bandung: Sarana Tutorial. Ghony, M. D. 2008. Penelitian Tindakan Kelas, UIN-Malang Press. Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hasbullah. 2005. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. 2008. Jakarta: Pustaka Utama. Kurniadin, Didin dan Machali, Imam. 2016. Manajemen Pendidikan.Yogjakarta: Ar Ruzz Media.

Miarso, Hardi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencan

Nasir, Muhammad. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran PKn dengan Menggunakan Media Audio Visual di Kelas V MIS Lamgugob. Banda Aceh: UIN Ar Raniry.

Nurani, Sejahtera dan Dewi Salma Prawiradilaga. 2008. Mozaik Teknologi Pendidikan, Jakarta: Kencana. Sadiman, Arief. 2012.Media Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada. Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

.2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Strandar Proses Pendidikan.

Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

. 2007. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Sudjana. 2005. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Gravindo Persada.

Sukardi, 2004. Metodologi Penelitian, Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: Bumi.

Sumiati. 2008. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima Aksara.

Suriya, Luciana. Pembuatan Software Mendesain Tampilan Scrapbook Untuk Anak Remaja, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol.3 No. 1.

Wiriatmadja. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosda Karya. W.james, Popham dan Eva L. Baker. 2003. Teknik Mengajar Secara Sistematis. Jakarta: Rineka Cip

Yukeu Heryaneu, Amir. 2015. Pepen Efektivitas Penggunaan Media Scrapbook Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi, (Jurnal Pendidikan bahasa Jerman, Fakultas Pendidikan Bahasa Dan Seni, U

Downloads

Published

2023-07-31

Issue

Section

Articles