Inovasi Guru Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan mutu Pembelajaran Pai di SMA Negeri 1 Sumberjaya

Authors

  • ani rosdiani SMA Negeri 1 Sumberjaya

Keywords:

Kata Kunci: Inovasi, Guru PAI, Mutu Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi upaya inovatif guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Sumberjaya. Menghadapi perubahan dan tantangan yang dihadapi oleh siswa dalam memahami dan menerapkan ajaran agama Islam, guru PAI perlu mengadopsi pendekatan yang inovatif untuk meningkatkan mutu pembelajaran PAI. Melalui tinjauan literatur dan pendekatan teoretis, penelitian ini menganalisis teori-teori seperti konstruktivisme, pembelajaran kooperatif, kecerdasan majemuk, dan teknologi pendidikan sebagai kerangka kerja untuk inovasi pembelajaran PAI. Indikator yang relevan juga dikembangkan untuk mengukur penerapan teori-teori tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan pendekatan konstruktivisme, guru PAI dapat memberikan pengalaman pembelajaran yang menarik dan relevan bagi siswa, yang melibatkan siswa secara aktif dalam membangun pemahaman mereka tentang agama Islam. Pembelajaran kooperatif juga terbukti efektif dalam meningkatkan partisipasi siswa, keterampilan sosial, dan pemahaman agama Islam melalui kolaborasi dan diskusi kelompok. Penggunaan pendekatan kecerdasan majemuk memungkinkan guru PAI untuk mengakomodasi keberagaman kecerdasan siswa dalam pembelajaran PAI, sehingga siswa dapat mengembangkan pemahaman yang menyeluruh tentang ajaran agama Islam. Selain itu, penggunaan teknologi dalam pembelajaran PAI, seperti multimedia interaktif dan platform daring, dapat memperluas akses siswa terhadap sumber daya pembelajaran, meningkatkan keterlibatan siswa, dan memfasilitasi interaksi dan kolaborasi antar siswa. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa guru PAI dapat melakukan inovasi dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Sumberjaya melalui penerapan pendekatan konstruktivisme, pembelajaran kooperatif, kecerdasan majemuk, dan teknologi pendidikan. Diharapkan inovasi ini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PAI, pemahaman siswa tentang agama Islam, keterampilan sosial, dan mempersiapkan siswa menghadapi tantangan global dan pluralistik di masa depan.

References

Abidin, Zaenal. “Pelatihan Dasar-Dasar Algoritma Dan Pemograman Untuk Membangkitkan Minat Siswa-Siswi Smk Pada Dunia Pemograman.” Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS) 2, no. 2 (2021): 54–62.

Alfiah, Raihani. “Strategi Guru Dalam Pembelajaran Pai Pada Masa Pandemi Covid 19 Di SMPN 2 Katingan Hilir.” Diss. IAIN Palangka Raya, 2020.

Ananda, Rusydi, Amiruddin Amiruddin, and Ed Muhammad Rifa’i. “Inovasi Pendidikan: Meleijitkan Potensi Teknologi Dan Inovasi Pendidikan,” 2017.

Duryat, H. Masduki. “Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Penguatan Pendidikan Agama Islam Di Institusi Yang Bermutu Dan Berdaya Saing.” Penerbit Alfabeta, 2021.

Kristiawan, Muhammad, et al. “Inovasi Pendidikan.” Jawa Timur: Wade Group National Publishing, 2018, 1–7.

Mailani, Ikrima. “Implementasi Pendekatan Kontekstual Teaching and Learning Dalam Pendidikan Agama Islam.” AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam) 1, no. 1 (2019): 16–25.

Melynia, Cahaya. “Inovasi Dan Modernisasi Guru,” n.d.

Putra, Ary Antony. “Konsep Pendidikan Agama Islam Perspektif Imam Al-Ghazali.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 1, no. 1 (2017): 41–54.

Rahmadania, Sinta, Ajun Junaedi Sitika, and Astuti Darmayanti. “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Dan Masyarakat.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 5, no. 2 (2021): 221–26.

Rohmah, Noer. “Inovasi Strategi Pembelajaran PAI Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan PAI.” Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 6, no. 2 (2014): 24.

Samat, Beatris Lusmaria Putri. “Inovasi Pendidikan Dan Peran Guru,” 2021.

Sambo, Accep Noor Akbar, et al. “Inovasi Pendidikan Di MTsN 2 Medan.” Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin 1, no. 6 (2023).

Sodikin, Khoirina Septianti. “Inovasi Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa Di SMP N 1 Palang Tuban.” Diss. Iain Kediri, 2018.

Styawati, Styawati, et al. “Pembelajaran Tradisional Menuju Milenial: Pengembangan Aplikasi Berbasis Web Sebagai Penunjang Pembelajaran E-Learning Pada Man 1 Pesawaran.” Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS) 1, no. 2 (2020).

Suradi, Ahmad. “Supervisi Akademik Kepala Sekolah Pada Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri 79 Kota Bengkulu.” AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 5, no. 1 (2018): 13–29.

Downloads

Published

2023-07-31

Issue

Section

Articles