Penerapan Teori Belajar Behaviorisme Menurut Burrhus Frederic Skinner Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SD Negeri 1 Sukarja Way Tenong

Authors

  • aisyah aisyah SD Negeri 1 Sukarja Way Tenong

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan teori belajar behaviorisme yang dikembangkan oleh Burrhus Frederic Skinner dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SD Negeri 1 Sukarja Way Tenong. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan pendekatan Miles et al., yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teori belajar behaviorisme dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SD Negeri 1 Sukarja Way Tenong dilakukan melalui pembuatan perangkat pembelajaran seperti silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) PAI. Penerapan prinsip-prinsip perilaku behaviorisme dilakukan baik di dalam kelas maupun di luar kelas, seperti dalam hal kedisiplinan siswa. Stimulus dan respon diberikan untuk mengarahkan dan mengayomi siswa sehingga mereka menjadi lebih tertarik dan terlibat dalam pembelajaran. Penguatan dilakukan melalui bimbingan dan motivasi yang diberikan oleh guru. Evaluasi dilakukan untuk menilai kemajuan siswa dalam pembelajaran. Dengan demikian, penerapan teori belajar behaviorisme Burrhus Frederic Skinner dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SD Negeri 1 Sukarja Way Tenong telah dijalankan melalui pengembangan perangkat pembelajaran yang mengatur pelaksanaan pembelajaran. Hal ini membantu mengarahkan proses pembelajaran secara terarah dan terstruktur. Kelebihan dari penerapan teori ini adalah bahwa setiap guru dapat memahami dan mengerti siswa dalam proses belajar, serta memberikan motivasi belajar yang efektif. Namun, kekurangan yang muncul adalah adanya kecenderungan siswa untuk lebih fokus pada hadiah daripada penguasaan materi, metode pembelajaran yang mungkin memakan waktu lama, dan ketergantungan siswa pada stimulus dan penguatan dalam proses belajar.

References

A. Edward Lee, And Teori Koneksionisme., Thorndike. “Teori Belajar Behavioristik,” n.d.

Ai Mina, Chamanti. “Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Pada Kurikulum 2013 Di Kelas XI MIA-2 SMA PGII 1 Bandung,” n.d.

Alfauzan, Amin. “Metode Dan Pembelajaran Agama Islam” Vol. 1. (2015).

Aliem Bahri., Nurlina, Nurfadilah,. “Teori Belajar Dan Pembelajaran.",” 2021.

Warsah, Idi, Muhamad Uyun, Mirzon Daheri, Sutarto Sutarto, Fuad Nashori, and Ruly Morganna. "Parenting styles in dealing with children’s online gaming routines." Ilkogretim Online-Elementary Education Online, 20, no. 2 (2021): 44-53.

Daheri, Mirzon. "Religious Moderation, Inclusive, and Global Citizenship as New Directions for Islamic Religious Education in Madrasah." Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 1 (2022): 64-77.

Daheri, Mirzon, Edi Nurhidin, and Idi Warsah. "Kompetensi Guru Profesional: Potret Perjuangan Pendidikan Islam Syekh Jalaludin." An-Nawa: Jurnal Studi Islam 4, no. 2 (2022): 126-135.

Fera, Andriani. “Teori Belajar Behavioristik Dan Pandangan Islam Tentang Behavioristik,” no. 6.2 (2015): 165–80.

Fitrah, Muh. “Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. CV Jejak.” Jejak Publisher, 2018.

Majid, Abdul. Belajar Dan Pembelajaran. 11–12. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.

Moleong, Lexy J. Metode Kualitatif Penelitian. Bandung, 2007.

Mustaqim, Mustaqim. “Paradigma Perilaku Sosial Dengan Pendekatan Behavioristik (Telaah Atas Teori Burrhusm Frederic Skinner),” no. 10.2 (2016): 503–13.

Rachmat Satria, Shahbana, Elvia Baby,. “Implementasi Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran,” no. 9.1 (2020): 24–33.

Risman, Bustamam. “Peran Pendidik Dan Lembaga Pendidikan Dalam Membentuk Kesalehan Individu (Studi Perspektif Normatif),” no. 3.2 (2021): 207–25.

Shinta Ayu Sri Nandani, Pitaloka, Asyharinur Ayuning Putriana. “Guru Kreatif Dan Inovatif." Aku Bangga Menjadi Guru; Peran Guru Dalam Penguatan Nilai Karakter Peserta Didik (Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan Agama Islam),” 2021, 150.

Subini, Nini. Psikologi Pembelajaran. 128. Yogyakarta: mentari pustaka, 2012.

Downloads

Published

2023-08-22

Issue

Section

Articles