Pendidikan Agama Islam dalam Revolusi Digital Mempertahankan Nilai-Nilai Tradisional dalam Konteks Modern

Authors

  • gustina dwi Smpn 1 liwa

Abstract

Dalam era di mana teknologi digital memiliki pengaruh yang luas dalam kehidupan sehari-hari, pendidikan agama Islam menghadapi tantangan dalam menggabungkan penggunaan teknologi dengan nilai-nilai tradisional yang berharga. Penelitian ini menggunakan metode studi penelitian dengan menggunakan buku-buku dan literatur sebagai sumber data utama. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis konten, di mana informasi yang diperoleh dianalisis dengan membandingkannya untuk mencapai kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi teknologi digital dalam pendidikan agama Islam dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan aksesibilitas pembelajaran. Dalam era revolusi digital ini, pendekatan pembelajaran lebih berfokus pada pembelajaran yang menarik dengan memanfaatkan media, model, dan metode pembelajaran yang beragam. Pendidikan agama Islam memiliki peran penting dalam mempertahankan nilai-nilai tradisional di tengah revolusi digital ini, dengan melibatkan kolaborasi antara lembaga pendidikan agama Islam, guru, orang tua, dan masyarakat sebagai kunci keberhasilan dalam menghadapi tantangan revolusi digital. Dengan menggunakan teknologi secara bijaksana dan memfokuskan pada nilai-nilai seperti kesederhanaan, kejujuran, keadilan, dan kasih sayang, pendidikan agama Islam dapat mempersiapkan siswa untuk mempertahankan nilai-nilai tradisional dalam era modern yang terus berkembang.

References

, A., Darodjat Darodjat, M. Makhrus, Sulaeman. “Information and Communication Technology Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam,” 2020, 81–95.

Adi, Wijayanto. “Sistem Informasi Dan Teknologi Digital Era Metaverse,” 2022.

Adi,Wahid Wahyudi, Suprayitno. Pendidikan Karakter Di Era Milenial. Deepublish, 2020.

Ahmad, Jaelani. “Penggunaan Media Online Dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar Pai Dimasa Pandemi Covid-19 (Studi Pustaka Dan Observasi Online),” no. 8.1 (2020): 12–24.

Ahmad Khairul Nuzuli, Damayanti. “Evaluasi Efektivitas Penggunaan Teknologi Komunikasi Dalam Pengajaran Metode Pendidikan Tradisional Di Sekolah Dasar,” no. 5.1 (2023): 208–19.

Dadan, Suryana. “Pendidikan Anak Usia Dini Teori Dan Praktik Pembelajaran,” 2021.

Endah, Rousdy Safari Tamba, Fantini. “Mediamorfosis Edukasi Informal Online Melalui Platform Digital Sebagai Peluang Bisnis Baru,” no. 17.1 (2020): 114–27.

Erdhin Lies, Tyanto. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Adobe Flash Profesional Cs6 Dengan Memperhatikan Fungsi Kognitif Rigorous Mathematical Thinking (RMT) Pada Materi Melukis Segitiga,” no. 2.3 (2013).

Hisam,Dian Permana, Agus Yosep Abduloh., Ahyani. “Pendidikan Islam Dalam Lingkup Dimensi Sosio Kultural Di Era Revolusi Industri 4.0." Fitrah,” no. 1.2 (20202): 273–88.

Idi Subandy, Bachruddin Ali Akhmad, Ibrahim. “Komunikasi Dan Komodifikasi: Mengkaji Media Dan Budaya Dalam Dinamika Globalisasi,” 2014.

Irham, abdul Haris. “Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Manajemen Pendidikan Islam Di Era Digital,” no. 3.1 (2023): 51–60.

Julia, Elisvi. “Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Di SMK IT Rabbi Radhiyya Masa Pandemi COVID-19” 5, no. 2 (2020).

Marhamah, Saleh. “Strategi Pembelajaran Fiqh Dengan Problem-Based Learning,” no. 14.1 (2013).

Muhamad Abdul, Manan. “Daya Tahan Dan Eksistensi Pesantren Di Era 4.0,” no. 3.2 (2019): 155–67.

Mukhid. “Disain Teknologi Dan Inovasi Pembelajaran Dalam Budaya Organisasi Di Lembaga Pendidikan,” 2023.

Noven, Yudeansyah. “Peranan Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mempertahankan Nilai Religiusitas Siswa Di Era Revolusi Industri 4.0 (Studi Pada SMA Negeri 5 Bengkulu Selatan),” 2021.

Ridwan Maulana Rifqi, Rijaal Mahmuudy, and Andhita Risko Faristiana., Muzakky. “Ransformasi Pesantren Menghadapi Era Revolusi Digital 4.0,” no. 1.3 (2023): 240-255.

Rita Kumala, Sari. “Penelitian Kepustakaan Dalam Penelitian Pengembangan Pendidikan Bahasa Indonesia,” no. 4.2 (2021): 60–69.

Vashty Ghassany, Shabrina. “Pengaruh Revolusi Digital Terhadap Pemasaran Dan Perilaku Konsumen,” no. 1.2 (2019): 131–41.

Zainab. “Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Digital,” 2021.

Downloads

Published

2023-07-31

Issue

Section

Articles