Staretgi Guru PAI Dalam Menerapkan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Di SMP Negeri 1 Ujan Mas Kepahiang

Authors

  • linda yuniarti SMP Negeri 1 Ujan Mas Kepahiang

Abstract

Di zaman globalisasi ini, penting bagi siswa untuk memiliki kemampuan berpikir kritis yang kuat agar dapat menghadapi tantangan kompleks dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan berpikir kritis memungkinkan mereka untuk menganalisis informasi secara efektif, mengidentifikasi masalah, dan menemukan solusi yang tepat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam mengumpulkan dan menganalisis data. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan kemudian dianalisis menggunakan metode analisis data Miles et al., yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa guru PAI di SMP Negeri 1 Ujan Mas Kepahiang perlu meningkatkan persiapan perangkat pembelajaran, penguasaan materi, pemilihan model pembelajaran, penggunaan media, dan evaluasi pembelajaran dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran. Faktor-faktor ini merupakan elemen penting yang perlu ditingkatkan oleh guru agar dapat menerapkan model pembelajaran Problem Solving dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

References

Darmawan. Enggunaan Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPS Di MI Darrusaadah, 2010.

Diska, wiwik rahma. Wawancara Implementasi Model Pembelajaran PAI Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PAI, 2022.

Harlinda Syofyan, Abdul Halim. “Penerapan Metode Problem Solving Pada Pembelajaran Ipa Untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.” Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call For Papers Unisbank (Sendi_U) Ke-2 Tahun 2016., 2016.

Mahpuzo. “Penerapan Metode Problem Solving Pada Pembelajaran Pai Untuk Materi Iman Kepada Qadha Dan Qadar Di Kelas Xii Mipa 1 Sma Negeri 1 Koto Gasib.” Jurnal Pendidikan Vol 11, No (2020).

Miftahur Rahman, Maryatun Kiptiyah. “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Ma’arif NU 2 Kemranjen Tahun Pelajaran 2017/2018,” n.d.

Mindani. “Metode Problem Solving Dalam Pembelajaran PaI.” JURNAL EDUCATIVE: Journal of Educational Studies Vol 1,No2, (2016).

Sari, Susanti mayang. Wawancara Implementasi Model Pembelajaran Problem Solving Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PAI. 2022, n.d.

Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2018.

Yusuf, Muri. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan, 2017.

Downloads

Published

2023-08-10

Issue

Section

Articles