Analisis Pembelajaran PAI Dalam Pendekatan Kognitif Kompleks di SD Negeri 2 Sebarus

Authors

  • liyana liyana SD Negeri 2 Sebarus

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) memegang peran penting dalam membentuk karakter dan nilai-nilai moral siswa. Namun, metode pembelajaran tradisional sering kali tidak mampu mengembangkan pemahaman mendalam dan keterampilan berpikir kritis siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pendekatan kognitif kompleks dalam pembelajaran PAI di SD Negeri 2 Sebarus dengan harapan meningkatkan pemahaman siswa tentang ajaran agama Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif melalui pengamatan, wawancara, dan penelaahan dokumen. Informan penelitian ini terdiri dari guru dan siswa di SD Negeri 2 Sebarus. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi untuk mendapatkan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kognitif kompleks dalam pembelajaran PAI di SD Negeri 2 Sebarus memberikan dampak positif terhadap pemahaman siswa. Terjadi peningkatan yang signifikan dalam kemampuan siswa dalam menganalisis, merumuskan argumen, dan mengaitkan ajaran agama Islam dengan konteks kehidupan sehari-hari mereka. Selain itu, siswa juga menunjukkan peningkatan keterampilan berpikir kritis dan reflektif. Terdapat berbagai pendekatan dan metode pembelajaran yang bertujuan untuk mencapai hasil belajar yang memuaskan. Teori-teori pembelajaran, seperti teori kognitif sosial, dapat diterapkan dengan baik dalam pengajaran dan pembelajaran siswa. Penerapan model-model pengajaran, efikasi diri, contoh-contoh terapan, serta bimbingan dan mentoring mencerminkan prinsip-prinsip kognitif sosial. Nabi Muhammad SAW merupakan teladan tertinggi dalam agama Islam dan menjadi panutan bagi umat muslim. Sikap dan perilaku umat muslim seharusnya mengikuti teladan beliau. Keluarga, terutama kedua orang tua, memiliki peran penting sebagai teladan bagi anak-anak mereka, sehingga orang tua memiliki tanggung jawab besar dalam memberikan contoh yang baik seperti yang dilakukan oleh Rasulullah SAW sebagai suri teladan bagi umat muslim.

References

Ananda, Rusydi, Amiruddin Amiruddin, and Ed Muhammad Rifa’i. “Inovasi Pendidikan: Meleijitkan Potensi Teknologi Dan Inovasi Pendidikan,” 2017.

Haris, A. “Berpikir Kritis, Proses Kognitif, Dan Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” AL-FURQAN 9, no. 2 (2021): 43–56.

Haris, Muhammad. “Pendidikan Islam Dalam Perspektif Prof. HM Arifin." Ummul Qura” 6, no. 2 (2015): 1–19.

Hasanah, Ika Aryastuti. “Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Mengembangkan Perkembangan Moral Siswa Di SDIT Jambi Islamic School Mahabatullah Kota Jambi.” Diss. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2018.

Komariah, Nur. “Implementasi Fungsi Manajemen Pendidikan Di SDI Wirausaha Indonesia.” Perspektif XVI, no. 1 (2018): 107–12.

Marhayati, Nelly, Pasmah Chandra, and Monna Fransisca. “Pendekatan Kognitif Sosial Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” DAYAH: Journal of Islamic Education 3, no. 2 (2020).

Marhayati, Nelly, Pasmah Chandra, Monna Fransisca. “Pendekatan Kognitif Sosial Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” DAYAH: Journal of Islamic Education 3, no. 2 (2020).

Nurhayani, N. “Kontroversi Akademik: Pengayaan Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Dengan Konflik Kognitif.” Jurnal Tarbiyah 22, no. 2 (2015).

Pahliwandari, Rovi. “Penerapan Teori Pembelajaran Kognitif Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan.” Jurnal Pendidikan Olah Raga 5, no. 2 (2016): 154–64.

Rachmat, Faisal. “Kontribusi Permainan Konstruktivis (Media Balok) Dengan Peningkatan Kemampuan Kognitif.” Jurnal Pendidikan Usia Dini 11, no. 2 (2017): 238–51.

Rahman, Arief Aulia & Hotmaria Menanti. “Perbandingan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division ( Stad ) Dengan Team Game Tournament ( Tgt ) Di Sd Islam Khalifah.” Jurnal Bina Gogik 2, no. 1 (2015): 38–48.

Rofiq, M. N. “Aliran, Tipologi Dan Teori Pendidikan Islam.” FALASIFA: Jurnal Studi Keislaman 10, no. 1 (2019): 153–88.

Downloads

Published

2023-07-31

Issue

Section

Articles