STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA BERDASARKAN TEORI BEHAVIORISTIK DI SD NEGERI TRI MEKAR JAYA

Authors

  • neneng neneng SD Negeri Tri Mekar Jaya

Abstract

Motivasi belajar siswa sangat dipengaruhi oleh gaya mengajar seorang guru. Ketika siswa diberikan metode pengajaran yang membebaskan, mereka akan menunjukkan motivasi belajar yang lebih baik, mudah, dan kritis dibandingkan dengan metode pengajaran yang membatasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menerapkan teori behavioristik di SD Negeri Tri Mekar Jaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, melalui pengamatan, wawancara, dan penelaahan dokumen. Para informan yang terlibat dalam penelitian ini adalah guru-guru SD Negeri Tri Mekar Jaya, Kepala Sekolah, dan siswa-siswa SD Negeri Tri Mekar Jaya. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi untuk mendapatkan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa faktor yang berperan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, seperti pemberian penguatan positif, sistem reward, penetapan tujuan yang terukur, pemberian umpan balik, pembelajaran kolaboratif, serta dorongan guru kepada siswa untuk bekerja sama dalam kelompok atau pasangan belajar. Selain itu, pembelajaran yang menarik dengan penggunaan metode pengajaran yang bervariasi dan kreatif juga dapat menjaga minat siswa terhadap pembelajaran. Keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran juga mempengaruhi motivasi belajar mereka. Terdapat faktor-faktor lain yang memengaruhi motivasi belajar siswa, seperti pengalaman pada tahun-tahun awal kehidupan, latar belakang budaya, peniruan tingkah laku (modelling), lingkungan tempat pembelajaran berlangsung, dan harapan orangtua terhadap anak-anak mereka. Dengan demikian, strategi pengajaran yang diterapkan oleh guru memainkan peran penting dalam meningkatkan motivasi belajar siswa berdasarkan pendekatan behavioristik.

References

A. B. Lilik, Lilik, Drs,. “Strategi Peningkatan Motivasi Belajar Pada Guru Dan Peserta Didik,” 2022.

Agus Saputra, Darniyanti, Yulia. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa SDN 04 Sitiung,” no. 1.2 (2021): 193–205.

Ahmad, Idzhar. “Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa,” no. 2.2 (2016): 221–28.

Djamarah. Strategi Belajar Mengajar. 2. Jakarta : Rineka Cipta, 2002.

Fitrah, Muh. “Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. CV Jejak.” Jejak Publisher, 2018.

Handoko, T. Hani. “Manajemen Personal Dan Sumber Daya Manusia, Edisi Kedua,” 1992, 59.

Magdalena Ega Putri, Boangmanalu, Iko Agustina. “Penerapan Pendekatan Behavior Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII The Implementation of Behavioural Approach to Enhance Discipline in Grade 8 Students During the Bahasa Indonesia Lesson],” no. 3.2 (2021): 151–71.

Moleong, Lexy J. Metode Kualitatif Penelitian. Bandung, 2007.

Mudjiono, Dimyati. “Belajar Dan Pembelajaran,” 2002, 95.

Ratnawati Susanto, Ima Melinda. “Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa,” no. 2 no 2 (2018): 82,.

S. Suharto, Sedyadiasto, Zahidi,. “Pemberian Penguatan Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Seni Budaya Siswa Kelas VIID SMP Islam Sudirman Ambarawa,” no. 1.1 (2012).

Sanjaya, Wina. “Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan,” Jakarta, 2009, 29.

Sardiman, A.M. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. 81. Jakarta: Grafindo, 2001.

Siti, Suprihatin. “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa,” no. 3.1 (2015): 73–82.

Suharni, Suharni. “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa,” no. 6.1 (2021): 172–84.

Sukadi. Guru Powerful Guru Masa Depan. Bandung, 2006.

Wuitt,W. “Motivation To Learn. An Overview. Educational Psychology Interactive,” 2001.

Downloads

Published

2023-08-22

Issue

Section

Articles