Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa di SMAN 3 Rejang Lebong

Authors

  • Kusminiarti SMA Negeri 3 Rejang Lebong

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kedisiplinan belajar siswa di SMAN 3 Rejang Lebong, dan untuk mendeskripsikan peran guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode penulisan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa kedisiplinan belajar Di SMAN 3 Rejang Lebong, disiplin siswa tentang memanfaatkan waktu belajar dinilai masih kurang, terbukti dengan masih banyaknya siswa yang sering terlambat masuk ke sekolah , masih terdapat siswa yang terlambat masuk kelas terutama setelah mata pelajaran pendidikan olahraga dan setelah istirahat. Selain itu, siswa juga sering terlambat mengumpulkan tugas yang diberikan oleh guru. Dalam hal menjaga kebersihan tempat belajar, bahwa siswa di sini tergolong baik. Siswa selalu menyapu kelasnya jika sudah terlihat kotor. Dalam hal menaati peraturan di sekolah, bahwa ternyata masih banyak siswa yang melanggar peraturan sekolah, seperti siswa yang terlambat masuk sekolah, tidak mengikuti kegiatan yang diwajibkan oleh sekolah, tidak rapi dalam berpakaian, rambut yang tidak rapi, dan siswa yang sering membolos Peran guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan belajar.

References

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Moleong,2007. Metodologi Pendidikan Kualitatif . Bandung: Remaja Rosdakarya.

Perquin dan Ghufron. 2005. Pendidikan Keluarga dan Kewibawaan. Bandung: IKIP Bandung.

Sardiman AM. Interaksi Dan Motivasi Belajar . Jakarta:Rineka Cipta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung:

Alfabeta. Sukmadinata, 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2021-11-28

Issue

Section

Articles