Pemenfaatan Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Minat Belajar SDN 2 JAGARAGA

Authors

  • fera oktapia SDN 2 JAGARAGA

Abstract

Proses belajar mengajar pada hakekatnya adalah proses komunikasi. Kegiatan mengajar ini merupakan tempat dimana guru dan siswa bertukar pikiran dan mengembangkan ide dan pengetahuan. Namun dalam pembelajaran seperti ini, karena kurangnya persiapan siswa dan kurangnya minat belajar, sering terjadi penyimpangan atau komunikasi yang buruk dan efisiensi yang rendah.tujuannya penelitian ini untuk mengetahui apakah media gambar ini dapat meningkatkan minat belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan deskriftif  kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Dalam Subjek penelitian adalah guru Pendidikan Agama Islam dan peserta didik kelas IV. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis data itu menggunakan reduksi data, penyajian, kesimpulan, verifikasi, kemudian uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitin ini dapat diperoleh saat menerapkan media pembelajaran gambar ini. Kesimpulannya dalam menggunakan media gambar ini melalui empat tahapan yaitu: persiapan, penyiapan, evaluasi, dan tindak lanjut. Kemudian bahwa media gambar ini sangat berpengaruh terhadap minat belajar peserta didik di SDN 2 JAGARAGA. Media gambar ini mempunyai kelebihan dan kekurangannya.

References

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara, n.d.

Ahmadi, Rulam. Memahami Metodologi Penelitian Kualitatif. Malang: UM Press, 2005.

Azhari, Akbar Maulana. Pengaruh Media Pembelajaran Film Dokumenter Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Xi Ips 2 Sma Negeri 13 Banjarmasin. Banjar Masin: universitas lambung mangkurat Banjarmasin, 2020.

Gilli, Yatri. “Keefektifan Penggunaan Media Gambar Berseri Dalam Keterampilan Menulis Kalimat Sederhana Bahasa Jerman Siswa.” Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra 3, no. 1 (2016): 1–10.

Hengki, Wijaya. Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Jakarta Timur: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2020.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.

Moleong, Lexy j. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005.

Muthiah. Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Pembuatan Rok Suai Kelas Xi Tata Busana Di Smk Negeri 1 Ngawen. Yogyakarta: Fak. Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, 2018.

Nugrahani, Farida, and M Hum. Metode Penelitian Kualitatif. Solo: Cakra Books, 1AD.

Salahudin, Anas. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Pustaka Setia, 2015.

Sari, Heni Puspita. Penggunaan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran PAI Di SMP Muhammadiyah 2 Rejang Lebong. Bengkulu: Fak. Tarbiyah IAIN Curup, 2020.

Sudarwan Danim. Menjadi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Pustaka Setia, 2002.

Sudjana, Nana, and Ahmad Rifa’i. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Guru Algesindo, 2002.

Suharsaputra, Uhar. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Terapan. Bandung: PT Rafika Aditama, 2002.

Yuswanti. “Pengunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di Kelas IV SD PT. Lestari Tani Teladan (LTT).” Jurnal Kreatif Tadulako Online 3, no. 4 (2017): 192–93.

Downloads

Published

2023-07-31

Issue

Section

Articles