Strategi Guru Mengembangkan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik SMAN 9 Bengkulu Selatan

Authors

  • halida inayah SMAN 9 Bengkulu Selatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Guru Mengembangkan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik SMAN 9 Bengkulu Selatan. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Menurut Sugiyono penelitian deskriptif kualitatif adalah jenis penelitian yang pengumpulan datanya dilakukan di lapangan, seperti dilingkungan masyarakat, lembaga-lembaga dan organisasi kemasyarakatan serta lembaga pendidikan. Berdasarkan hasil penelitian ini sesuai dengan analisis data yang telah peneliti lakukan, dapat disimpulkan Strategi Guru Mengembangkan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik SMAN 9 Bengkulu Selatan.  strategi ekspositori dan  strategi inquiry. Kesimpulanya Tahap-tahap strategi ekspositori adalah persiapan, penyajian, korelasi, menyimpulkan dan mengaplikasikan. Tahap-tahap strategi inquiry meliputi orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, merumuskan data, menguji hipotesis, merumuskan kesimpulan.

References

Ahmadi, Rulam. Memahami Metodologi Penelitian Kualitatif. Malang: UM Press, 2005.

Arief, Armai. Ilmu Dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers, 2002.

Haitami, and Syamsul. Studi Ilmu Pendidikan Islam,. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Hengki, Wijaya. Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Jakarta Timur: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2020.

Idris, Zahara. Dasar-Dasar Kependidikan. Padang: Angkasa Raya, 1987.

Joyce, B, and M Weil. Model-Model Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Media, 2009.

Listiana, Lina. “Pemberdayaan Keterampilan Berpikir Dalam Pembelajaran Biologi Melalui Model Kooperatif Tipe Gi (Group Investigation) Dan Ttw (Think, Talk, Write)." Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, And Learning” 10, no. 1 (2013).

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.

Moleong, Lexy j. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005.

Nugrahani, Farida, and M Hum. Metode Penelitian Kualitatif. Solo: Cakra Books, 1AD.

Nurdin, Syafruddin. “Pengembangan Kurikulum Dan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Berbasis KKNI Di Perguruan Tinggi.” Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 2 (2019): 305.

Paul Eggan dan Don Kauchak. Strategi Dan Model Pembelajaran. Jakarta: PT Indeks P ermata Puri Media, 2002.

Rustaman, Nuryani. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: IKIP Semarang Press, 2005.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2006.

Sudarwan Danim. Menjadi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Pustaka Setia, 2002.

Suharsaputra, Uhar. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Terapan. Bandung: PT Rafika Aditama, 2002.

Suharyono. Strategi Belajar Mengajar. Semarang: Press, 1991.

Downloads

Published

2023-07-31

Issue

Section

Articles