Efektifitas Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Keywords:
Kata Kunci: Efektifitas, Audio Visual, Pendidikan Agama Islam, Keywords: Effectiveness, Audio Visual, Islamic Religious EducationAbstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan media audio visual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah studi eksperimental dengan kelompok kontrol. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas X di sebuah sekolah menengah. Kelompok eksperimen menerima pembelajaran menggunakan media audio visual, sedangkan kelompok kontrol menerima pembelajaran konvensional tanpa media tersebut. Data dikumpulkan melalui tes pemahaman materi dan angket tanggapan siswa terhadap penggunaan media audio visual. Analisis data menggunakan uji beda t-test dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Selain itu, siswa juga memberikan tanggapan yang positif terhadap penggunaan media tersebut dalam proses pembelajaran. Penelitian ini memberikan bukti bahwa penggunaan media audio visual efektif dalam meningkatkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya integrasi media audio visual dalam praktik pembelajaran untuk memaksimalkan pemahaman siswa terhadap materi agama Islam.
Kata Kunci: Efektifitas, Audio Visual, Pendidikan Agama Islam
Abstract: This study aims to analyze the effectiveness of using audio-visual media in learning Islamic Religious Education. The research method used is an experimental study with a control group. The research sample consisted of students of class X in a high school. The experimental group received learning using audio-visual media, while the control group received conventional learning without the media. Data was collected through material comprehension tests and student response questionnaires to the use of audio-visual media. Data analysis used different t-test and descriptive analysis. The results of the study showed that the use of audio-visual media in learning Islamic Religious Education significantly increased students' understanding of the learning material. In addition, students also gave positive responses to the use of the media in the learning process. This study provides evidence that the use of audio-visual media is effective in enhancing the learning of Islamic Religious Education. The implication of this research is the importance of integrating audio-visual media in learning practices to maximize students' understanding of Islamic religious material.
Keywords: Effectiveness, Audio Visual, Islamic Religious Education
References
Adam Mudinillah Multia Sari, Amrina, and Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hikmah Pariangan Batusangkar, ‘EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN MEDIA MIXPAD MTS KELAS VIII KOTA BARU’, Akademika : Jurnal Teknologi Pendidikan, 10.02 (2021), 417–24 <https://doi.org/10.34005/AKADEMIKA.V10I02.1616>
Adi, Kuncoro, Saputro 1, Christina Kartika Sari, S W Winarsi, Pendidikan Profesi, Sekolah Dasar Negeri, and others, ‘Peningkatan Keterampilan Membaca Dengan Menggunakan Media Audio Visual Di Sekolah Dasar’, EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3.5 (2021), 1910–17 <https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V3I5.690>
Adisasongko, and Nur, ‘PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN MATERI AJAR MENGGAMBAR SEGI BANYAK’, Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter, 7.1 (2022) <http://www.i-rpp.com/index.php/jipk/article/view/1304>
Astuty, Widy, and Abdul Wachid Bambang Suharto, ‘Desain Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Daring Dengan Kurikulum Darurat’, Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9.1 (2021), 81 <https://doi.org/10.36667/JPPI.V9I1.624>
Jurnal, Prepotif, Kesehatan Masyarakat, Rahmi Pramulia Fitri, and Iyang Maisi Fitriani, ‘EFEKTIFITAS PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL VIDEO TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN REMAJA TENTANG OBESITAS DI SMPN 1 PEKANBARU TAHUN 2019’, PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 3.2 (2019), 46–53 <https://doi.org/10.31004/PREPOTIF.V3I2.479>
Kahfi, Martin, Yeli Ratnawati, Wawat Setiawati, and Asep Saepuloh, ‘EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS TERPADU’, Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7.1 (2021) <https://doi.org/10.58258/JIME.V7I1.1636>
Kindangen, Meifa, Jeane Marie Tulung, and Berdinata Massang, ‘Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen: Studi Tentang Motivasi Belajar Siswa Di Masa Pandemi’, Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8.1 (2022), 337–43 <https://doi.org/10.31949/EDUCATIO.V8I1.2050>
Manam, Al, Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, Nur Soleha Rahmasari, Ramdanil Mubarok, and Stai Sangatta Kutai Timur, ‘Penerapan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI’, Al Manam : Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 2.2 (2022), 65–74 <https://www.jurnal.staikupang.ac.id/index.php/almanam/article/view/65>
Manshur, Umar, and Maghfur Ramdlani, ‘MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN PAI’, Jurnal Al-Murabbi, 5.1 (2019), 1–8 <https://doi.org/10.35891/AMB.V5I1.1854>
Muhammadiyah, Universitas, and Sumatera Utara, ‘Penerapan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Anak’, Jurnal Raudhah, 10.2 (2022) <https://doi.org/10.30829/RAUDHAH.V10I2.2004>
Ninawati, Mimin, Rahmiati Rahmiati, and Nur Wahyuni, ‘EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN PADEMANGAN BARAT 11 JAKARTA UTARA’, TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2.1 (2021), 64–73 <https://doi.org/10.55933/TJRIPD.V2I1.273>
Novita, Lina, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pakuan Bogor, and Anggun Novianty, ‘Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Animasi Terhadap Hasil Belajar Subtema Benda Tunggal Dan Campuran’, JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 3.1 (2020), 46–53 <https://doi.org/10.30587/JTIEE.V3I1.1127>
Patmawati, Desti, Rustono Rustono, and Momoh Halimah, ‘Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Jenis-Jenis Pekerjaan Di Sekolah Dasar’, PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5.2 (2018), 308–16 <https://doi.org/10.17509/PEDADIDAKTIKA.V5I2.7256>
Ritonga, Maisaroh, Tiara Aulia Andari, Annisa Rahmi, Lisa Azliani Hasibuan, Mahya Sarah Pane, Universitas Al, and others, ‘PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM’, MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6.1 (2023), 100–107 <https://doi.org/10.52166/MIDA.V6I1.3807>
Salsabila, Dea Lita, Heri Hidayat, Heny Mulyani, Dini Arlina, and Delfianti Azzahra, ‘Penggunaan Media Audiovisual Dengan Power Point Di Tengah Pandemi Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Madrasah Ibtidaiyah’, JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School, 1.2 (2020), 120–28 <https://doi.org/10.47400/JIEES.V1I2.28>
Salsabila, Unik Hanifah, maulida nurus sofia, Hilda Putri Seviarica, and Maulida Nurul Hikmah, ‘URGENSI PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR’, INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25.2 (2020), 284–304 <https://doi.org/10.24090/INSANIA.V25I2.4221>
Sari, Merlin Puspita, Setiawansyah Setiawansyah, and Arief Budiman, ‘PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERPUSTAKAAN MENGGUNAKAN METODE FAST (FRAMEWORK FOR THE APPLICATION SYSTEM THINKING) (STUDI KASUS : SMAN 1 NEGERI KATON)’, Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2.2 (2021), 69–77 <https://doi.org/10.33365/JTSI.V2I2.1136>
Suprianto SDN, Edy, V Kuala Tungkal, Jl Syarif Hidayatullah No, and Kab Tanjung Jabung Barat, ‘Implementasi Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi’, Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1.02 (2020), 22–32 <https://doi.org/10.30742/TPD.V1I02.810>
Tahajudin Program Studi Teknologi Pendidikan, Didin, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Cucu Atikah, and Lukman Nulhakim Program Studi Teknologi Pendidikan, ‘EFEKTIVITAS MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI MONTOR 1 KAB. PANDEGLANG’, JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal, 9.2 (2023) <https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm/article/view/17892>
Triyadi, Slamet, ‘EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA’, JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA), 3.2 (2015) <https://doi.org/10.35706/JUDIKA.V3I2.215>
Tsaniyah, Widyana Restu, Iwan Hermawan, and Kasja Eki Waluyo, ‘Implementasi Media Audio Visual Pada Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam’, EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3.5 (2021), 2796–2802 <https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V3I5.994>
Wardani, Lia, and Stkip Rokania, ‘PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 004 RAMBAH SAMO’, Indonesian Journal of Basic Education, 2.1 (2019), 1–4 <https://stkiprokania.ac.id/e-jurnal/index.php/IJOBE/article/view/205>
Widhayanti, Andina, and Muhammad Abduh, ‘Penggunaan Media Audiovisual Berbantu Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 5.3 (2021), 1652–57 <https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V5I3.975>
Zulaikhah, Dinda, Akhmad Sirojuddin, and Andika Aprilianto, ‘Analisis Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kurikulum 2013 Bagi Anak Berkebutuhan Khusus’, Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 1.1 (2020), 54–71 <https://doi.org/10.31538/TIJIE.V1I1.6>
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 sriwahyuni12
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.