Metode pembelajaran Role Playing dalam meningkakan motivasi belajar siswa di SDN 08 Muara Kemumu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan metode pembelajaran Role Playing dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SDN 08 Muara Kemumu. Metode Role Playing dipilih sebagai pendekatan pembelajaran yang interaktif dan partisipatif, di mana siswa secara aktif terlibat dalam situasi peran yang terkait dengan materi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Peserta penelitian terdiri dari siswa yang terlibat dalam pembelajaran dengan metode Role Playing. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Role Playing secara signifikan meningkatkan motivasi belajar siswa di SDN 08 Muara Kemumu. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Role Playing efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di sekolah tersebut. Metode ini menciptakan lingkungan pembelajaran yang interaktif, menarik, dan relevan bagi siswa.
References
Buwono, Sri, and Endang Uliyanti. “Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Metode Bermain Peran Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) 2, no. 1 (2012).
Ginawan, Novan Aditia, Hardivizon Hardivizon, and Hendrianto Hendrianto. “Tinjauan Upaya BAZNAS Kabupaten Kepahiang Dalam Mengumpul Dana Zakat Profesi (Studi Evaluasi).” Diss. Institut Agama Islam Negeri Curup, 2019.
Harefa, Noveri Amal Jaya, and Eti Hayati. “Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Dan Teknologi Informasi.” Angewandte Chemie International Edition 6, no. 11 (2021): 951–52.
Haris, Muhammad. “Pendidikan Islam Dalam Perspektif Prof. HM Arifin." Ummul Qura” 6, no. 2 (2015): 1–19.
Ibrahim, Rustam. “Pendidikan Multikultural: Pengertian, Prinsip, Dan Relevansinya Dengan Tujuan Pendidikan Islam.” Addin 7, no. 1 (2015).
Johariah, Johariah. “Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Metode Bermain Peran (Role Playing) Pada Pembelajaran Sholat Jumat.” Jurnal Ilmiah IKIP Mataram 8, no. 2 (2023): 228–41.
Marhayati, Nelly, Pasmah Chandra, and Monna Fransisca. “Pendekatan Kognitif Sosial Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” DAYAH: Journal of Islamic Education 3, no. 2 (2020).
Nurlela, N. “Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Peserta Didik Di Smk Teknika Grafika Kartika Gadingrejo Kecamatan Gadingrejo Tahun Pelajaran 2017/2018.” Diss. Uin Raden Intan Lampung, 2018.
Pristiwanti, Desi, et al. “Pengertian Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 4, no. 6 (2022): 7911–15.
Retnowati, Wahyu Fitri. “Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Minat Belajar Al Islam Kelas 8 D Di SMP Muhammadiyah 5 Tulangan." Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Minat Belajar Al Islam Kelas 8 D Di SMP Muhammadiyah 5 Tulangan,” 2018, 1–27.
Satioso, Welly Catur. “Fungsi Pendidikan Agama Islam Pada Anak Menurut Prof. DR. Zaklah Daradjat,” n.d.
Susilo, Agus, and Sarkowi Sarkowi. “Peran Guru Sejarah Abad 21 Dalam Menghadapi Tantangan Arus Globalisasi.” Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah 2, no. 1 (2018): 43–50.
Tahrim, Tasdin, et al. “Pengembangan Model Dan Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2021.
Uyun, Zahrotul. “Peran Orangtua Dalam Pendidikan Kesehatan Reproduksi,” 2023.
Wahyuni, Regita, Citra Utami, and Nurul Husna. “Pengaruh Model Role Playing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Fungsi Komposisi Kelas XI SMA Negeri 6 Singkawang.” Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia 1, no. 2 (2016): 81–86.
Wijaya, Etistika Yuni, Dwi Agus Sudjimat, and Amat Nyoto. “Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. 1, no. 26 (2016).
Wulandari, Riya, et al. “Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SD.” ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika 7, no. 2 (2021): 283–90.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Firmanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.