Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran PAI Kelas V SDN 13 Bathin Solapan Tahun Pelajaran 2020/2021

Authors

  • Lenni Yulismnaniar SDN 13 Bathin Solapan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menggunakan model pembelajaran tipe Jigsaw pada mata pelajaran PAI kelas V di SDN 13 Bathin Solapan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus dan dua pertemuan setiap siklusnya. Penelitian ini dilakukan SDN 13 Bathin Solapan dengan sampel siswa kelas V yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Pengumpulan data berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data dihitung dengan menggunakan rumus statistic sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siklus II mampu meningkatkan hasil belajar siswa cukup baik dibandingkan dengan siklus I.

References

Andhika Octa Wijayanti,, Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Pendidikan Agama IslamMelalui Metode Jigsaw Learning pada siswa kelas X di SMA Negeri 01 Metro Tahun 2009/2010, Skripsi IAIN Jurai Siwo Tahun 2009.

Rani Marolasasi, model kooperatif tipe Jigsaw dalam kegiatan belajar mengajar dapat meningktkan aktifitas dan hasil belajar pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 02 Metro Timur tahun ajaran 201/2014, Skripsi IAIN Jurai Siwo Tahun 2013.

Rusman, Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2013

Slamet, Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta:PT Rineka Cipta, 2003

Downloads

Published

2021-11-28

Issue

Section

Articles