Membangun Karakter Islami Melalui Muatan Nilai-nilai Moral dalam Pendidikan Agama Islam

Authors

  • eli kasmayanti IAIN Curup

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran muatan nilai-nilai moral dalam pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter Islami. Latar belakang penelitian menyoroti pentingnya pendidikan agama Islam sebagai sarana untuk membangun karakter Islami yang kuat, serta peran muatan nilai-nilai moral dalam mencapai tujuan tersebut. Penelitian ini menetapkan dua tujuan utama: pertama, memahami konsep karakter Islami berdasarkan muatan nilai-nilai Islam dalam pendidikan agama Islam, dan kedua, menganalisis peran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter Islami melalui penerapan nilai-nilai moral. Melalui metode library research, data dikumpulkan dari berbagai sumber literatur yang relevan, seperti jurnal ilmiah, buku, dan artikel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa muatan nilai-nilai moral dalam pendidikan agama Islam memiliki kontribusi yang signifikan dalam pembentukan karakter Islami. Integrasi nilai-nilai moral dalam kurikulum dan metode pengajaran pendidikan agama Islam, pengenalan yang menyeluruh dan konsisten terhadap nilai-nilai moral, pendekatan pedagogi yang interaktif dan relevan dengan kehidupan siswa, serta peran pendidik sebagai pembimbing dan teladan, semuanya berperan penting dalam pembentukan karakter Islami yang kokoh. Kesimpulannya, penelitian ini menggarisbawahi pentingnya muatan nilai-nilai moral dalam pendidikan agama Islam dalam membangun karakter Islami. Pembentukan karakter Islami melalui pendidikan agama Islam memerlukan integrasi nilai-nilai moral yang efektif, pendekatan pembelajaran yang interaktif dan relevan, serta peran pendidik yang kuat. Rekomendasi penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan implementasi metode pengajaran yang efektif, serta memperkuat kolaborasi antara pendidikan agama Islam, keluarga, dan masyarakat dalam membangun karakter Islami yang tangguh dan berintegritas.

References

Baidurus, Ali. 2017. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Yang Terkandung Dalam Surat Al-Baqarah Ayat 45-46,” October. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/36261.

Bali, Muhammad Mushfi El Iq, and Nurul Fadilah. 2019. “INTERNALISASI KARAKTER RELIGIUS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NURUL JADID.” Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 9 (1): 1–25. https://doi.org/10.22373/JM.V9I1.4125.

Cahyaningrum, Eka Sapti, Sudaryanti Sudaryanti, and Nurtanio Agus Purwanto. 2017. “PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI PEMBIASAAN DAN KETELADANAN.” Jurnal Pendidikan Anak 6 (2): 203–13. https://doi.org/10.21831/JPA.V6I2.17707.

Fahrudin, Fahrudin, Endis Firdaus, and Alhadi Shafiyullah. 2020. “UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN BUDAYA RELIGIUS DI SMPN 44 BANDUNG.” TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education 7 (2): 126–39. https://doi.org/10.17509/T.V7I2.26312.

Faizah, Ulfi. 2020. “ETIKA LINGKUNGAN DAN APLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN MENURUT PERSPEKTIF AKSIOLOGI.” Jurnal Filsafat Indonesia 3 (1): 14–22. https://doi.org/10.23887/JFI.V3I1.22446.

Julaeha, Siti. 2019. “Problematika Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Karakter.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 7 (2): 157. https://doi.org/10.36667/JPPI.V7I2.367.

Kosim, Muhammad. 2020. “Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Industri 4.0: Optimalisasi Pendidikan Agama Islam Di Sekolah.” Jurnal Pendidikan Islam 15 (1). https://doi.org/10.19105/tjpi.v15i1.2416.

Marjuni, A. 2020. “PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMBINAAN KARAKTER PESERTA DIDIK.” Al Asma : Journal of Islamic Education 2 (2): 210–23. https://doi.org/10.24252/ASMA.V2I2.16915.

Mumin, U Abdullah, Pendidikan Toleransi, Perspektif Pendidikan, Agama Islam, Sekolah Tinggi, and Pelabuhanratu Sukabumi. 2018. “PENDIDIKAN TOLERANSI PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TELAAH MUATAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH).” Al-Afkar, Journal For Islamic Studies 1 (2): 15–26. https://doi.org/10.31943/AFKAR_JOURNAL.V2I1.19.

Risdiany, Hani, Dan Dinie, Anggraeni Dewi, and Info Artikel. 2021. “Penguatan Karakter Bangsa Sebagai Implementasi Nilai-Nilai Pancasila.” Jurnal Pendidikan Indonesia 2 (04): 696–711. https://doi.org/10.59141/JAPENDI.V2I04.140.

Siti Zulaiho. 2022. “UPAYA GURU DALAM MENERAPKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI KELAS VII SMP DAR AL-RAUDHAH PANGKALAN BUN KALIMANTAN TENGAH.” http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1816.

Subianto, Jito. 2013. “PERAN KELUARGA, SEKOLAH, DAN MASYARAKAT DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER BERKUALITAS.” Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 8 (2). https://doi.org/10.21043/EDUKASIA.V8I2.757.

Suradi, A. 2018. “Penanaman Religiusitas Keislaman Berorientasi Pada Pendidikan Multikultural Di Sekolah.” Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies) 6 (1): 25–43. https://doi.org/10.15642/JPAI.2018.6.1.25-43.

Zubaidah, Siti. 2019. “Pendidikan Karakter Terintegrasi Keterampilan Abad Ke-21.” Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika 3 (2): 1–24. https://doi.org/10.36312/E-SAINTIKA.V3I2.125.

Downloads

Published

2023-07-31

Issue

Section

Articles