Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Multikultural di SMA: Studi Kasus pada SMAN 3 Rejang Lebong

Authors

  • sri trisnawati IAIN Curup

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam multikultural di SMAN 3 Rejang Lebong melalui metode library research. Penelitian ini dilakukan dengan studi kasus pada salah satu SMA di Indonesia. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada kompleksitas masyarakat yang semakin multikultural dan tantangan dalam mengintegrasikan nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran agama Islam di SMAN 3 Rejang Lebong. Metode library research digunakan untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber pustaka yang relevan dengan topik penelitian. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam multikultural yang efektif melibatkan pengenalan dan penghormatan terhadap keberagaman agama dan budaya. Guru perlu memiliki kompetensi dalam mengintegrasikan nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran dan menggunakan metode yang interaktif dan partisipatif. Kurikulum yang mendukung juga menjadi faktor penting dalam keberhasilan strategi pembelajaran. Faktor-faktor lain yang mempengaruhi keberhasilan strategi pembelajaran meliputi dukungan dari lingkungan sekolah dan pemerintah, keterlibatan dan partisipasi siswa, penggunaan sumber daya yang tepat, kerjasama dengan komunitas dan orang tua, serta lingkungan belajar yang aman dan terbuka. Evaluasi dan umpan balik yang berkelanjutan juga menjadi faktor penting dalam meningkatkan keberhasilan strategi pembelajaran. Dengan menerapkan strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam multikultural yang relevan, diharapkan siswa dapat memperluas pemahaman mereka tentang agama Islam, mengembangkan sikap toleransi, saling menghargai, dan kerjasama antarbudaya. Penelitian ini memberikan sumbangan berharga dalam pengembangan strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang inklusif dan relevan dengan kondisi multikultural di Indonesia.

References

Arfa, A. M., & Lasaiba, M. A. (2023). Paradigma Pendidikan Di Indonesia Berbasis Multi Etnik (Telaah Entitas, Strategi, Model Dan Evaluasi Pembelajaran. JENDELA PENGETAHUAN, 16(1), 1–12. https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/jp/article/view/8621

Arif, D. B. (2018). Pengembangan Kebajikan Kewargaan (Civic Virtue) dalam Masyarakat Multikultural Indonesia: Peran Pendidikan Kewarganegaraan. Journal Civics & Social Studies, 1(1). https://doi.org/10.31980/2655-7304.V1I1.75

Arwitaningsih, R. P., Dewi, B. F., Rahmawati, E. M., & Khuriyah, K. (2023). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Ranah Rumpun Mata Pelajaran Pendidikan Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Hadi Mojolaban Sukoharjo. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 10(2), 450–468. https://doi.org/10.36835/MODELING.V10I2.1752

Assyakurrohim, D., Sirodj, R. A., Afgani, W., Raden, U., & Palembang, F. (2023). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9. https://doi.org/10.47709/JPSK.V3I01.1951

Exstrada, E., Kusen, K., & Warsah, I. (2019). Analisis Karakter Guru Pendidikan Agama Islam dan Implikasinya terhadap Perilaku Siswa di SMA Negeri 7 Rejang Lebong.

Halim, A. (2022). Model Pembelajaran Multikulturalisme Guru Pendidikan Agama Islam. Chalim Journal of Teaching and Learning (CJoTL), 2(1), 66–76. https://pasca.jurnalikhac.ac.id/index.php/cjotl/article/view/274

Kartikawati, D., Rajagukguk, D. L., & Sriwartini, Y. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Multikultural yang Dipengaruhi oleh Kompetensi Komunikasi Guru di Sekolah Dasar Inklusi Trirenggo, Yogyakarta. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 21(2), 168–176. https://doi.org/10.25077/JANTRO.V21.N2.P168-176.2019

Meidita, A., Wanto, D., & Siswanto, S. (2022). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Sikap Toleransi Beragama Pada Peserta Didik di SMA Negeri 1 Musi Rawas.

MIFTAHUR, R. (2022). MANAJEMEN STRATEGI IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI MADRASAH ALIYAH DAN SEKOLAH MENENGAH ATAS LAMPUNG TENGAH.

Muhammad, H., Aladdiin, F., Bagus, A. M., Ps, K., Tinggi, S., & Surabaya, I. K. (2019). Peran Materi Pendidikan Agama Islam di Sekolah dalam Membentuk Karakter Kebangsaan. Jurnal Penelitian Medan Agama, 10(2). https://doi.org/10.58836/JPMA.V10I2.6417

Qalam, A., Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, J., Mulyati, S., Harmi, H., Lebong, R., & IAIN Curup, P. (2022). Kecerdasan Kultural Dilihat Dari Sudut Pandang Agama, Etnis Dan Gender Pada Suku Jawa. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(5), 1628–1640. https://doi.org/10.35931/AQ.V16I5.1125

Riyanti, A., & Novitasari, N. (2021). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL BAGI SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Adat Dan Budaya Indonesia, 3(1), 29–35. https://doi.org/10.23887/JABI.V3I1.37780

Zubaidah, S. (2016). Simas eric learning model View project Scientific Inquiry in Lecture View project. https://www.researchgate.net/publication/318013627

Downloads

Published

2023-07-31

Issue

Section

Articles