Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Karakter dalam Mengembangkan Kemandirian Siswa

Authors

  • rodi hartono IAIN Curup

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis karakter terhadap pengembangan kemandirian siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode library research yang melibatkan analisis terhadap literatur dan sumber-sumber yang relevan yang tersedia di perpustakaan, jurnal ilmiah, buku, artikel, dan sumber informasi lainnya. Tinjauan literatur dilakukan untuk mengidentifikasi temuan-temuan penelitian terdahulu yang relevan dan menganalisis hubungan antara pembelajaran berbasis karakter dalam Pendidikan Agama Islam dan pengembangan kemandirian siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis karakter memiliki pengaruh positif yang signifikan dalam mengembangkan kemandirian siswa. Pembelajaran berbasis karakter memberikan kontribusi dalam peningkatan kemampuan siswa dalam mengambil inisiatif, pengembangan keterampilan problem solving dan pengambilan keputusan, serta penguatan kemandirian siswa dalam mengatur diri sendiri. Nilai-nilai moral yang diajarkan melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis karakter memainkan peran penting dalam pengembangan kemandirian siswa. Selain itu, karakter referensi yang diambil dari tokoh-tokoh mulia dalam Islam memberikan contoh yang menginspirasi dalam pembentukan kemandirian siswa. Implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis karakter dalam mengembangkan kemandirian siswa memerlukan strategi pembelajaran yang mendorong kemandirian siswa, penggunaan metode dan pendekatan yang efektif, serta dukungan sistem pendidikan yang memadai. Strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemandirian siswa meliputi pemberian tanggung jawab, tugas proyek, dan kolaborasi dalam kelompok. Penggunaan metode dan pendekatan yang efektif meliputi pendekatan kontekstual, pembelajaran aktif, dan refleksi. Dukungan sistem pendidikan meliputi kurikulum yang terintegrasi, pelatihan guru, dan lingkungan sekolah yang mendukung.

References

AYATTULLOH, S. (2021). IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEBAGAI PENINGKATAN MENULIS KREATIF PADA SISWA.

Bahtiar, A. R. (2017). PRINSIP-PRINSIP DAN MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 149–158. https://doi.org/10.26618/JTW.V1I2.368

Budiman, A. (2013). Efisiensi Metode dan Media Pembelajaran dalam Membangun Karakter Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. At-Ta’dib, 8(1). https://doi.org/10.21111/AT-TADIB.V8I1.514

Emi Ramdani. (2018). Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal sebagai Penguatan Pendidikan Karakter. JUPIIS: JURNAL PENDIDIKAN ILMU-ILMU SOSIAL, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.24114/JUPIIS.V10I1.8264

Fathra, F., Sultan, U., Muhammad, A., & Samarinda, I. (2023). MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGAJARAN AL-QUR’AN DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM. Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 10(2), 209–219. https://jurnal.insida.ac.id/index.php/atthiflah/article/view/460

Gafar Hidayat, A., & Haryati, T. (2019). Peran Guru Profesional dalam Membina Karakter Religius Peserta Didik Berbasis Nilai Kearifan Lokal (Maja Labo Dahu) Sekolah Dasar Negeri Sila Di Kecamatan Bolo Kabupaten Bima. JURNAL PENDIDIKAN IPS, 9(1), 15–28. https://doi.org/10.37630/JPI.V9I1.169

Ifham, D., & Pd, C. M. (2019). PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI PENDIDIKAN ISLAM. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 35–52. https://doi.org/10.34005/TAHDZIB.V2I2.511

Istiningsih, G., & Dharma, D. S. A. (2021). INTEGRASI NILAI KARAKTER DIPONEGORO DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MEMBENTUK PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH DASAR. Kebudayaan, 16(1), 25–42. https://doi.org/10.24832/JK.V16I1.447

Khotimah, N., Mispani, M., Amrulloh, H., & Setiawan, D. (2023). Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Di MA Terpadu Nurul Qodiri Lampung Tengah. Berkala Ilmiah Pendidikan, 3(1), 9–20. https://doi.org/10.51214/BIP.V3I1.545

nurfadilah, siti, & hakim, dori lukman. (2020). Kemandirian Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Prosiding Sesiomadika, 2(1e). https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2990

Rachmadyanti, P., & Wicaksono, V. D. (n.d.). PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN BAGI ANAK USIA SEKOLAH DASAR.

Suhadi, H., Warsah, I., & Sutarto, S. (2020). Analisis Implementasi Kurikulum Terintegrasi dalam Membentuk Karakter Siswa. Psikis : Jurnal Psikologi Islami, 5(1), 62–73. https://doi.org/10.19109/PSIKIS.V5I1.3157

Tolchah, M. (2020). Problematika Pendidikan Agama Islam dan solusianya. http://books.uinsby.ac.id/id/eprint/19

Umam, N. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Karakter dan Life Skill di SD Saat Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pancar (Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar), 4(2), 71–78. https://doi.org/10.52802/PANCAR.V4I2.8

Zulvia Trinova. (2013). PEMBELAJARAN BERBASIS STUDENT-CENTERED LEARNING PADA MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Al-Ta Lim Journal, 20(1), 324–335. https://doi.org/10.15548/JT.V20I1.28

Downloads

Published

2023-07-31

Issue

Section

Articles