Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Toleransi Antaragama di Sekolah Multikultural

Authors

  • kebat lismini SMA Negeri 8 Kota Bengkulu

Keywords:

Guru Pendidikan Agama Islam, Toleransi Antaragama, Sekolah Multikultural,, Pendekatan Inklusif, Dialogisme, Etika dalam Pendidikan Agama.

Abstract

Abstrak: Penelitian ini membahas peran penting yang dimainkan oleh guru pendidikan Agama Islam dalam membentuk sikap toleransi antaragama di lingkungan sekolah multikultural. Dalam era globalisasi dan keberagaman budaya yang semakin berkembang, sekolah menjadi pusat interaksi individu dengan beragam latar belakang agama dan kepercayaan. Artikel ini menggali bagaimana pendidikan agama Islam dapat berperan sebagai fasilitator dan pemimpin dalam membangun lingkungan belajar yang inklusif, menghormati perbedaan agama, dan menciptakan kerukunan antar siswa dengan keyakinan yang beragam. Penelitian ini meninjau teori-teori relevan tentang pendidikan multikultural, dialogisme, dan etika dalam pendidikan agama sebagai landasan untuk memahami dan mengaitkan peran guru dalam membangun toleransi antaragama di sekolah multikultural. Melalui pendekatan inklusif dan partisipatif, guru pendidikan Agama Islam dapat menjadi agen perubahan yang efektif dalam membentuk sikap toleransi pada siswa di tengah keberagaman sekolah multikultural.

References

Budiani, Y D. Implementasi Pembelajaran Daring PAI Berbasis Soft Skill Di SMA Negeri 5 Malang. repository.unisma.ac.id, 2021. http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6021.

Daheri, Mirzon, Idi Warsah, Ruly Morganna, Oktia Anisa Putri, and Putri Adelia. "Strengthening Religious Moderation: Learning from the Harmony of Multireligious People in Indonesia." Journal of Population and Social Studies [JPSS] 31 (2023): 571-586.

Daheri, Mirzon, Nur Kholis, Ilham Syah, Muhammadong Muhammadong, and Jenuri Jenuri. "Transformasi Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Karakter Mahasiswa Generasi Alpha." Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 5, no. 2 (2023): 989-995.

Daheri, Mirzon, and Cica Dwi Julianti. "Islamic Educational Values in the Implementation of the Cambuk Lidi Ceremony (Study of Derati Village Kota Padang District)." Journal of Contemporary Islamic Education 3, no. 1 (2023): 1-19.

Destriani. “Inovasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di SMKN Negeri 1 Rejang Lebong.” International Journal Of Educational Resources 2, no. 6 (2022): 614–30.

Destriani, Maria Botifar, and Deri Wanto. “Implementing Islamic Religious Education in Vocational Schools’ Curricula.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 10, no. 2 (2023): 274–84. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i2.1167.

Irawan, Dodi, Karolina Asri, Destriani, Ade Surya, and Ridwan Saleh. “Pengaruh Penggunaan Mind Mapping Dalam Pembelajaran Fiqih Terhadap Pemahaman Siswa.” Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam 2, no. 2 (2022): 219–28. https://doi.org/10.19109/pairf.v1i4.3225.

Kadi, Titi. “Religious Literature in Strengthening Multiculturalism Education in Universities.” JUrnal Islam Nusantara Vol. 04 No, no. 01 (2020): 81–91. https://doi.org/10.33852/jurnalin.v4i1212.

Kerukunan, Membangun, Antarumat Beragama, Budaya Lokal, Menyama Braya, Denpasar Bali, and Kunawi Basyir. “Membangun Kerukunan Antarumat Beragama Berbasis Budaya Lokal Menyama Braya Di Denpasar Bali.” Religió Jurnal Studi Agama-Agama 6, no. 2 (September 2016): 186–206. https://doi.org/10.15642/RELIGIO.V6I2.603.

Mizani, Zeni Murtafiati. “Inclusive-Pluralistic Islamic Religious Education Model As an Alternative To Investing the Values of Religious Moderation.” Muslim Heritage 7, no. 2 (2022): 487–504. https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v7i2.5018.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta,CV., 2019.

Warsah, Idi, Ibnu Hasyim, and Muhammad Istan. “Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pemanfaatan Teknologi Untuk Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemik Covid-19.” Journal of Education and Instruction (JOEAI) 4, no. 2 (2022): 623–32. https://doi.org/10.31539/joeai.v4i2.3212.

Yanto, Murni, Idi Warsah, Ruly Morganna, Imron Muttaqin, and Destriani. “Intercultural Sensitivity of Educational Management Students as the Future’s Educational Leaders in Indonesia.” International Journal of Sociology of Education 11, no. 3 (2022): 263–90. https://doi.org/10.17583/rise.10483.

Downloads

Published

2023-07-31

Issue

Section

Articles