Pengaruh Implementasi Pendekatan Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Buatan dalam Pendidikan Agama Islam
Keywords:
Pendidikan Agama Islam, Kecerdasan Buatan, Pendekatan Pembelajaran, ImplementasiAbstract
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh implementasi pendekatan pembelajaran berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence) dalam pendidikan agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimental dengan desain pretest-posttest kontrol kelompok tunggal. Partisipan penelitian terdiri dari dua kelas di sebuah sekolah menengah di mana satu kelas (kelas eksperimen) diberikan pembelajaran menggunakan pendekatan berbasis kecerdasan buatan, sementara kelas lainnya (kelas kontrol) tetap menggunakan metode pembelajaran konvensional.Dalam penelitian ini, pendekatan berbasis kecerdasan buatan dirancang dengan mengintegrasikan teknologi dan algoritma kecerdasan buatan dalam pembelajaran agama Islam. Guru yang terlibat dalam penelitian dilatih untuk mengimplementasikan pendekatan ini secara efektif. Data dikumpulkan melalui tes preevaluasi dan postevaluasi yang mencakup aspek pemahaman konsep agama Islam serta tingkat motivasi dan partisipasi siswa dalam pembelajaran.Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen yang menerima pembelajaran berbasis kecerdasan buatan menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman konsep agama Islam dan tingkat motivasi siswa. Selain itu, tingkat partisipasi siswa dalam pembelajaran juga lebih tinggi dalam kelompok eksperimen.Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa implementasi pendekatan pembelajaran berbasis kecerdasan buatan dapat memberikan dampak positif dalam pendidikan agama Islam. Studi ini memiliki implikasi penting dalam pengembangan metode pembelajaran yang inovatif dan efektif dalam konteks pendidikan agama Islam. Sebagai catatan, penelitian ini masih perlu diulang dengan sampel yang lebih luas untuk memperkuat validitas hasilnya dan menjelajahi lebih lanjut aspek-aspek lain yang relevan.
References
Daheri, Mirzon, Idi Warsah, Ruly Morganna, Oktia Anisa Putri, and Putri Adelia. "Strengthening Religious Moderation: Learning from the Harmony of Multireligious People in Indonesia." Journal of Population and Social Studies [JPSS] 31 (2023): 571-586.
Daheri, Mirzon, and Cica Dwi Julianti. "Islamic Educational Values in the Implementation of the Cambuk Lidi Ceremony (Study of Derati Village Kota Padang District)." Journal of Contemporary Islamic Education 3, no. 1 (2023): 1-19.
Destriani. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama Menuju Society Era 5.0.” International Journal Of Educational Resources 2, no. 06 (2021): 648–64.
Destriani, Destriani, and Idi Warsah. “Teacher Strategy Deep Develop Intelligence Linguistics Student.” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 2 (2022): 135. https://doi.org/10.29240/belajea.v7i2.4725.
Destriani, Rasmini, Amriyadi, and Hezi Jeniati. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Pemahaman Literasi Keagamaan.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 9, no. 1 (2022): 1–12.
Elfrianto, H, and G Lesmana. Metodologi Penelitian Pendidikan. books.google.com, 2022. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=43yAEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PT5&dq=paradigma+mekanis&ots=Oqzt8Po5B6&sig=O3RXu8q1AsbBl2VBn_XNupTnIi0.
Fikri, A A, A Nurona, L Saadah, and ... “Keterampilan Guru Dlam Membimbing Diskusi Pada Pembelajaran Abad 21.” Journal of Education …. scholar.archive.org, 2021. https://scholar.archive.org/work/73e6gzaelvfjbhn7qhvn4yy2ni/access/wayback/http://ejournal.stainkepri.ac.id/index.php/tanjak/article/download/119/156.
Hasan, H. “Pelaksanaan Supervisi Kelas Kepala Sekolah Terhadap Guru PAI Di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Bukitraya.” Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial …, 2019. https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Mutharahah/article/view/27.
Huda, H. “Model Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Komunikasi Lisan Siswa Madrasah Ibtidaiyah.” digilib.uinsa.ac.id, 2015. https://digilib.uinsa.ac.id/6507/2/28. Model Pembelajaran.pdf.
Irawan, Dodi, Karolina Asri, Destriani, Ade Surya, and Ridwan Saleh. “Pengaruh Penggunaan Mind Mapping Dalam Pembelajaran Fiqih Terhadap Pemahaman Siswa.” Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam 2, no. 2 (2022): 219–28. https://doi.org/10.19109/pairf.v1i4.3225.
Jha, K, A Doshi, P Patel, and M Shah. “A Comprehensive Review on Automation in Agriculture Using Artificial Intelligence.” Artificial Intelligence in Agriculture. Elsevier, 2019. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2589721719300182.
Khamidah, A, and N K T Yulia. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA MELALUI TEMA BINATANG UNTUK ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA ….” JURALIANSI: Jurnal Lingkup Anak …, 2022. https://ejournal.alqolam.ac.id/index.php/JURALIANSI/article/view/754.
Liakos, K G, P Busato, D Moshou, S Pearson, and D Bochtis. “Machine Learning in Agriculture: A Review.” Sensors, 2018. https://www.mdpi.com/1424-8220/18/8/2674.
Daheri, Mirzon, Idi Warsah, Ruly Morganna, Oktia Anisa Putri, and Putri Adelia. "Strengthening Religious Moderation: Learning from the Harmony of Multireligious People in Indonesia." Journal of Population and Social Studies [JPSS] 31 (2023): 571-586.
Daheri, Mirzon, and Cica Dwi Julianti. "Islamic Educational Values in the Implementation of the Cambuk Lidi Ceremony (Study of Derati Village Kota Padang District)." Journal of Contemporary Islamic Education 3, no. 1 (2023): 1-19.
Rose, D C, and J Chilvers. “Agriculture 4.0: Broadening Responsible Innovation in an Era of Smart Farming.” Frontiers in Sustainable Food Systems. frontiersin.org, 2018. https://doi.org/10.3389/fsufs.2018.00087.
Talaviya, T, D Shah, N Patel, H Yagnik, and ... “Implementation of Artificial Intelligence in Agriculture for Optimisation of Irrigation and Application of Pesticides and Herbicides.” Artificial Intelligence in …. Elsevier, 2020. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S258972172030012X.
Yanto, Murni, Idi Warsah, Ruly Morganna, Imron Muttaqin, and Destriani. “Intercultural Sensitivity of Educational Management Students as the Future’s Educational Leaders in Indonesia.” International Journal of Sociology of Education 11, no. 3 (2022): 263–90. https://doi.org/10.17583/rise.10483.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 meida nova sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.