Inovasi dalam Evaluasi Pendidikan Agama Islam: Fokus pada Aspek Emosional

Authors

  • dewi hartati SDN 2 Branti Raya Lampung Selatan

Keywords:

Inovasi, Evaluasi, pendidikan Agama Islam

Abstract

Abstrak: Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan proses terencana, sistemik, dan berkelanjutan untuk mentransfer pengetahuan, pemahaman, nilai-nilai, dan pengamalan ajaran Islam. Tujuannya adalah untuk mengembangkan potensi fitrah anak didik menjadi kemampuan dan kekuatan yang dapat menghasilkan kompetensi profesional. Fitrah, dalam konteks ini, merujuk pada kecenderungan alami dalam diri individu untuk mengetahui, memahami, dan mengamalkan ajaran Islam sebagai hamba Allah dan khalifah-Nya di dunia ini. Untuk mencapai hal tersebut, PAI perlu memberikan arahan dan bimbingan yang sesuai dengan ajaran Islam. Penanaman moral Islam menjadi aspek yang sangat penting dalam pelaksanaan PAI, dengan fokus pada pembentukan dan pembiasaan tindakan moral dalam kehidupan anak didik. Hal ini dilandaskan pada keyakinan bahwa esensi ajaran Islam terletak pada praktik nyata dari akhlaq al-karîmah.

References

Anshori, Muslich, and Sri Iswati. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surabaya: University Press, 2017.

Destriani, Maria Botifar, and Deri Wanto. “Implementing Islamic Religious Education in Vocational Schools’ Curricula.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 10, no. 2 (2023): 274–84. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i2.1167.

Destriani, Destriani, and Idi Warsah. “Teacher Strategy Deep Develop Intelligence Linguistics Student.” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 2 (2022): 135. https://doi.org/10.29240/belajea.v7i2.4725.

Destriani, Rasmini, Amriyadi, and Hezi Jeniati. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Pemahaman Literasi Keagamaan.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 9, no. 1 (2022): 1–12.

Irawan, Dodi, Karolina Asri, Destriani, Ade Surya, and Ridwan Saleh. “Pengaruh Penggunaan Mind Mapping Dalam Pembelajaran Fiqih Terhadap Pemahaman Siswa.” Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam 2, no. 2 (2022): 219–28. https://doi.org/10.19109/pairf.v1i4.3225.

KAHFI, M A. “HUBUNGAN ANTARA KEKUASAAN DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.” Digilib.Uin-Suka.Ac.Id, n.d. http://digilib.uin-suka.ac.id/9143/1/BAB I%2C IV%2C DAFTAR PUSTAKA.pdf.

Marzuki, Ahmad, and Achmad Yusuf. “Inovasi Kurikulum PAI Tingkat Sekolah Dasar Berbasis Budaya Lokal Karo Di Wilayah Suku Tengger Sabrang Kulon.” KABILAH : Journal of Social Community 4, no. 1 (2019): 1–14. https://doi.org/10.35127/kbl.v4i1.3465.

Quraisy Mathar, Muh. Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Ilmu Perpustakaan. Gowa: Alauddin University Press, 2013.

Ratna, M S. Implementasi Ice Breaking Dalam Mengembangkan 6 Aspek Perkembangan Anak Pada Kelompok B3 Usia 5-6 Tahun Di Raperwanida II Mataram Tahun Ajaran 2019 …. etheses.uinmataram.ac.id, 2020. http://etheses.uinmataram.ac.id/2100/.

Rohmad. “Implementasi Hidden Curriculum Pesantren Untuk Mengembangkan Karakter Religius Siswa Di SMK Sunan Kalijaga Sampung Ponorogo.” Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, 2021.

Warsah, Idi, Destriani, Rahmat Yudhi Septian, and Nurhayani. “Implementasi Kurikulum Tersembunyi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Rejang Lebong.” Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan 9, no. 1 (2022): 1–11. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v9i1.632.

Downloads

Published

2023-07-31

Issue

Section

Articles