Strategi Penggunaan Teknologi Blockchain dalam Pengajaran Etika dan Moral dalam Pendidikan Agama Islam

Authors

  • ita rosita SDN 4 Branti Raya

Keywords:

Teknologi Blockchain, Etika, Moral, Pendidikan Agama Islam, Transparansi,

Abstract

Abstrak: Teknologi blockchain telah menunjukkan potensi luar biasa dalam berbagai industri, namun penerapannya dalam konteks pendidikan agama masih jarang dieksplorasi. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi strategi penggunaan teknologi blockchain dalam pengajaran etika dan moral dalam Pendidikan Agama Islam (PAI). Melalui pendekatan kualitatif, peneliti menggali perspektif pembina dan siswa terhadap penggunaan teknologi blockchain dalam memfasilitasi pembelajaran etika dan moral dalam konteks agama. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi partisipatif di beberapa lembaga pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi blockchain dapat meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan partisipasi siswa dalam memahami dan menerapkan nilai-nilai etika dan moral yang diajarkan dalam PAI. Temuan ini memberikan wawasan berharga tentang bagaimana teknologi blockchain dapat menjadi alat yang efektif dalam membentuk karakter siswa yang religius dan etis.

References

Amanudin, Nurmalia. “Penerapan Hidden Curriculum Dalam Menjadikan Generasi Qurani Di SDIT Al Istiqomah Puri Kosambi Karawang.” Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta, 2021.

Arfiani, N. “Studi Analisis Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Dalam Mengembangkan Berpikir Kritis Peserta Didik Di SMP Negeri 1 Palu.” Scolae: Journal of Pedagogy, 2019. https://www.ejurnal.stkipdamsel.ac.id/index.php/scl/article/view/34.

Destriani. “Inovasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di SMKN Negeri 1 Rejang Lebong.” International Journal Of Educational Resources 2, no. 6 (2022): 614–30.

Destriani, Destriani, and Idi Warsah. “Teacher Strategy Deep Develop Intelligence Linguistics Student.” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 2 (2022): 135. https://doi.org/10.29240/belajea.v7i2.4725.

Destriani, Rasmini, Amriyadi, and Hezi Jeniati. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Pemahaman Literasi Keagamaan.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 9, no. 1 (2022): 1–12.

Destriani, Rahmat Yudhi Septian, Nurhayani, Idi Warsah, and Ruly Morganna. “Implementasi Kurikulum Tersembunyi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Rejang Lebong.” Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan 9, no. 1 (2022): 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v9i1.632 Implementasi.

DEWI, S N U R. KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PAI DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI SMP NEGERI 1 KALIMANAH PURBALINGGA. repository.uinsaizu.ac.id, 2020. http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8418.

Kurniawati, L. “Analisis Kesenjangan Literasi Digital Mahasiswa Program Studi PAI PTKIN Indonesia.” Repository.Uinjkt.Ac.Id, n.d. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/38121.

Quraisy Mathar, Muh. Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Ilmu Perpustakaan. Gowa: Alauddin University Press, 2013.

Rohmad. “Implementasi Hidden Curriculum Pesantren Untuk Mengembangkan Karakter Religius Siswa Di SMK Sunan Kalijaga Sampung Ponorogo.” Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, 2021.

Susanti, R. Peran Guru PAI Dalam Mengatasi Kesulitan Siswa Ketika Berkomunikasi DI SMP Muhammadiyah 3 Medan. repository.uinsu.ac.id, 2019. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15069.

Tambak, S, and D Sukenti. “Pengembangan Profesionalisme Guru Madrasah Dengan Penguatan Konsep Khalifah.” Hayula: Indonesian Journal of …, 2020. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/hayula/article/view/12238.

Downloads

Published

2023-07-31

Issue

Section

Articles