Peran Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Krisis Identitas pada Remaja Muslim di Era Globalisasi
Keywords:
Pendidikan Agama Islam, Krisis Identitas, Era Globalisasi, Peran Pendidikan AgamaAbstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi krisis identitas pada remaja Muslim di era globalisasi. Era globalisasi menimbulkan beragam tantangan bagi remaja Muslim dalam menghadapi berbagai pengaruh budaya, teknologi, dan nilai-nilai dari luar. Krisis identitas menjadi isu penting yang dapat mempengaruhi perkembangan pribadi dan spiritual remaja Muslim. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menganalisis literatur, wawancara, dan studi kasus untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang peran Pendidikan Agama Islam dalam membantu remaja Muslim menghadapi krisis identitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan Agama Islam memiliki peran krusial dalam memberikan landasan nilai dan identitas keislaman yang kuat bagi remaja Muslim, membantu mereka mengatasi tantangan dan memberdayakan diri dalam era globalisasi.
References
Arliman, L, E Arif, and S SARMIATI. “Pendidikan Karakter Untuk Mengatasi Degradasi Moral Komunikasi Keluarga.” Ensiklopedia of Journal, 2022. https://jurnal.ensiklopediaku.org/ojs-2.4.8-3/index.php/ensiklopedia/article/view/1056.
Daheri, Mirzon, and Cica Dwi Julianti. "Islamic Educational Values in the Implementation of the Cambuk Lidi Ceremony (Study of Derati Village Kota Padang District)." Journal of Contemporary Islamic Education 3, no. 1 (2023): 1-19.
Daheri, Mirzon, Idi Warsah, Ruly Morganna, Oktia Anisa Putri, and Putri Adelia. "Strengthening Religious Moderation: Learning from the Harmony of Multireligious People in Indonesia." Journal of Population and Social Studies [JPSS] 31 (2023): 571-586.
Destriani. “Inovasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di SMKN Negeri 1 Rejang Lebong.” International Journal Of Educational Resources 2, no. 6 (2022): 614–30.
———. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama Menuju Society Era 5.0.” International Journal Of Educational Resources 2, no. 06 (2021): 648–64.
Destriani, Maria Botifar, and Deri Wanto. “Implementing Islamic Religious Education in Vocational Schools’ Curricula.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 10, no. 2 (2023): 274–84. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i2.1167.
Destriani, Destriani, and Idi Warsah. “Teacher Strategy Deep Develop Intelligence Linguistics Student.” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 2 (2022): 135. https://doi.org/10.29240/belajea.v7i2.4725.
Destriani, Rahmat Yudhi Septian, Nurhayani, Idi Warsah, and Ruly Morganna. “Implementasi Kurikulum Tersembunyi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Rejang Lebong.” Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan 9, no. 1 (2022): 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v9i1.632 Implementasi.
Idriki, N A M, and B P Tan. “Aplikasi Pembelajaran Abad Ke-21 Dalam Talian: Cabaran Guru Pendidikan Moral [21st Century Online Learning Applications: The Challenge of Moral Education Teachers].” Muallim Journal of Social Sciences and …, 2022. https://www.mjsshonline.com/index.php/journal/article/view/339.
Madani, P Q T, and N Kardinah. “Penerapan Sistem Belajar Fun Science Pada Anak Usia Dini Di Desa Cimekar.” Proceedings UIN Sunan …. proceedings.uinsgd.ac.id, 2021.
Daheri, Mirzon, and Cica Dwi Julianti. "Islamic Educational Values in the Implementation of the Cambuk Lidi Ceremony (Study of Derati Village Kota Padang District)." Journal of Contemporary Islamic Education 3, no. 1 (2023): 1-19.
Daheri, Mirzon, Bambang Ismaya, Gamar Al Haddar, and Kholis Ernawati. "Implemented Environmentally Sound Islamic Religious Education In High Schools." Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6, no. 2 (2022): 3166-3170.
https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/download/122/89.
Sumarto. “Rumah Moderasi Beragama IAIN Curup Dalam Program Wawasan Kebangsaan Toleransi Dan Anti Kekerasan.” Jurnal Literasiologi 5, no. 2 (2021): 6.
Warsah, Idi, Ibnu Hasyim, and Muhammad Istan. “Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pemanfaatan Teknologi Untuk Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemik Covid-19.” Journal of Education and Instruction (JOEAI) 4, no. 2 (2022): 623–32. https://doi.org/10.31539/joeai.v4i2.3212.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Bambang Muliansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.