Penggunaan Augmented Reality (AR) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Studi Kasus pada Tingkat Sekolah Menengah
Keywords:
Augmented Reality (AR), Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran, Teknologi, Sekolah MenengahAbstract
Abstrak: Penelitian ini mengkaji tentang penggunaan Augmented Reality (AR) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di tingkat Sekolah Menengah. Metode penelitian kualitatif digunakan melalui studi kasus untuk memahami bagaimana teknologi AR dapat meningkatkan proses pembelajaran dan pemahaman siswa tentang materi Pendidikan Agama Islam. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis konten. Temuan menunjukkan bahwa penggunaan AR dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat meningkatkan minat dan partisipasi siswa, serta membantu memvisualisasikan konsep-konsep agama secara lebih interaktif dan menarik.
References
Destriani. “Inovasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di SMKN Negeri 1 Rejang Lebong.” International Journal Of Educational Resources 2, no. 6 (2022): 614–30.
Destriani, Maria Botifar, and Deri Wanto. “Implementing Islamic Religious Education in Vocational Schools’ Curricula.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 10, no. 2 (2023): 274–84. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i2.1167.
Halili, S H, N Mohsin, and R A Razak. “Student Perceptions towards the Use of the Mobile Flipped Classroom Approach.” International Journal of Web-Based …, 2021. https://www.igi-global.com/article/student-perceptions-towards-the-use-of-the-mobile-flipped-classroom-approach/288045.
Hanapi, M H M, and N Z M Komari. “KESEDIAAN GURU PENDIDIKAN ISLAM SEKOLAH RENDAH TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ABAD KE-21.” … INTERNATIONAL CONFERENCE ON …. researchgate.net, 2020. https://www.researchgate.net/profile/Rafizah-Daud/publication/338990934_PENGGUNAAN_AUGMENTED_REALITY_VIDEO_DI_DALAM_PENDIDIKAN_TVET/links/5e37d36a458515072d7a174d/PENGGUNAAN-AUGMENTED-REALITY-VIDEO-DI-DALAM-PENDIDIKAN-TVET.pdf#page=124.
Silalahi, Ulber. Metode Dan Metodologi Penelitian. Bandung: Bina Budhaya, 1999. https://doi.org/repository.unpar.ac.id.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 helly marisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.