Peran Pendidikan Agama Islam dalam Memperkuat Kesadaran Lingkungan pada Generasi Muda Muslim
Keywords:
Pendidikan Agama Islam, Kesadaran Lingkungan, Generasi Muda MuslimAbstract
Abstrak: Pendidikan Agama Islam memainkan peran krusial dalam memperkuat kesadaran lingkungan pada generasi muda Muslim. Artikel ini membahas pentingnya integrasi nilai-nilai agama Islam dalam pendidikan lingkungan guna menciptakan kesadaran yang lebih mendalam mengenai tanggung jawab manusia terhadap alam. Tulisan ini menganalisis dampak positif dari pendidikan agama Islam dalam membentuk perilaku pro lingkungan, yang mencakup etika lingkungan, pengelolaan sumber daya alam, dan perlindungan ekosistem. Beberapa faktor pendukung dan hambatan dalam implementasi pendidikan agama Islam yang berfokus pada lingkungan juga dibahas dalam artikel ini. Melalui pendekatan holistik yang memadukan agama, moralitas, dan ilmu pengetahuan, diharapkan generasi muda Muslim dapat menjadi agen perubahan dalam menjaga keberlanjutan lingkungan bagi masa depan yang lebih baik.
References
Ahmad, A. “Kemampuan Guru Pai Dalam Mendesain Pembelajaran Di Mts. Putri Tunggal Desa Muladimeng Kecamatan Ponrang Kabupaten” Repository.Iainpalopo.Ac.Id, 2014. Http://Repository.Iainpalopo.Ac.Id/Id/Eprint/1791/1/Ahmad.Pdf.
Chasanah, Uswatun. “Ontologi, Epistemologi Dan Aksiologi Pendidikan.” Tasyri’ Jurnal Tarbiyah Syari’ah Islamiyah 24, No. 1 (2017): 76–91.
Warsah, Idi, Muhamad Uyun, Mirzon Daheri, Sutarto Sutarto, Fuad Nashori, and Ruly Morganna. "Parenting styles in dealing with children’s online gaming routines." Ilkogretim Online-Elementary Education Online, 20, no. 2 (2021): 44-53.
Destriani. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama Menuju Society Era 5.0.” International Journal Of Educational Resources 2, No. 06 (2021): 648–64.
Destriani, Destriani, And Idi Warsah. “Teacher Strategy Deep Develop Intelligence Linguistics Student.” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 7, No. 2 (2022): 135. Https://Doi.Org/10.29240/Belajea.V7i2.4725.
Destriani, And Idi Warsah. “Pemanfaatan Model Pembelajaran Flipped Classroom Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Islam Terpadu.” Sittah: Journal Of Primary Education 3, No. 2 (2022): 175–90.
Frimayanti, Ade Imelda. “Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan Agama Islam.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8, No. 2 (2017): Hal. 240.
Daheri, Mirzon, Wahyudi Wahyudi, Astuti Cendrawati Ramli, Hasmirati Hasmirati, Arisman Arisman, and Muhammad Resky. "Motivasi Belajar Peserta Didik di Era New Normal." Journal on Education 5, no. 3 (2023): 9640-9649.
Daheri, Mirzon, Dasep Supriatna, and Bambang Ismaya. "Analisis Strategi Guru Mata Pelajaran Pai Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik." JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA) 11, no. 1 (2023): 119-128.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: Alfabeta,Cv., 2010.
Warsah, Idi. “Pendidikan Keluarga Muslim Di Tengah Masyarakat Multi- Agama: Antara Sikap Keagamaan Dan Toleransi ( Studi Di Desa Suro Bali Kephiang- Bengkulu).” Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 13, No. 1 (2018): 1–24.
Yanto, Murni, Idi Warsah, Ruly Morganna, Imron Muttaqin, And Destriani. “Intercultural Sensitivity Of Educational Management Students As The Future’s Educational Leaders In Indonesia.” International Journal Of Sociology Of Education 11, No. 3 (2022): 263–90. Https://Doi.Org/10.17583/Rise.10483.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 ana yuliana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.