Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Toleransi Antaragama di Sekolah Multikultural

Authors

  • diana SDN 11 Kepahiang

Keywords:

Guru Pendidikan Agama Islam, Toleransi Antaragama, Sekolah Multikultural

Abstract

Abstrak: Artikel ini mengangkat peran penting yang dimainkan oleh guru pendidikan Agama Islam dalam membangun toleransi antaragama di sekolah multikultural. Dalam konteks masyarakat yang semakin beragam agama dan kepercayaan, pendidikan agama Islam memiliki potensi besar sebagai sarana untuk mengembangkan sikap inklusif dan saling menghormati antara siswa yang mewakili berbagai keyakinan. Penelitian ini mengeksplorasi strategi dan pendekatan yang dapat diadopsi oleh guru untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, memahami perbedaan agama dengan bijaksana, dan mengajarkan nilai-nilai universal tentang toleransi dan kerukunan antaragama. Berdasarkan literatur dan penelitian terkini, artikel ini menyajikan gagasan tentang bagaimana guru pendidikan Agama Islam dapat menjadi agen perubahan yang efektif dalam membina kesadaran dan sikap toleransi pada generasi muda di sekolah multikultural.

References

Ahmad, A. “Kemampuan Guru Pai Dalam Mendesain Pembelajaran Di Mts. Putri Tunggal Desa Muladimeng Kecamatan Ponrang Kabupaten ….” Repository.Iainpalopo.Ac.Id, 2014. Http://Repository.Iainpalopo.Ac.Id/Id/Eprint/1791/1/Ahmad.Pdf.

Daheri, Mirzon, Edi Nurhidin, and Idi Warsah. "Kompetensi Guru Profesional: Potret Perjuangan Pendidikan Islam Syekh Jalaludin." An-Nawa: Jurnal Studi Islam 4, no. 2 (2022): 126-135.

Daheri, Mirzon, Pandu Adi Cakranegara, and Gamar Al Haddar. "Determination of Smart and Accurate Contest Participants at the Elementary School Level Using Profile Matching Method." Jurnal Mantik 6, no. 3 (2022): 3462-3470.

Destriani. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama Menuju Society Era 5.0.” International Journal Of Educational Resources 2, No. 06 (2021): 648–64.

Destriani, Maria Botifar, And Deri Wanto. “Implementing Islamic Religious Education In Vocational Schools’ Curricula.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 10, No. 2 (2023): 274–84. Https://Doi.Org/10.38048/Jipcb.V10i2.1167.

Destriani, Rahmat Yudhi Septian, Nurhayani, Idi Warsah, And Ruly Morganna. “Implementasi Kurikulum Tersembunyi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Negeri 1 Rejang Lebong.” Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan 9, No. 1 (2022): 1–11. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.32505/Ikhtibar.V9i1.632 Implementasi.

Hadi, M J. “Pengembangan Media Pembelajaran Mahasiswa Pai Berbasis Whatshaap.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan …, 2021. Https://Jurnal.Stiq-Amuntai.Ac.Id/Index.Php/Al-Qalam/Article/View/427.

Hasibuan, Hamdi Abdullah. “Pendidikan Kewarganegaraan: Internalisasi Nilai Toleransi Untuk Mencegah Tindakan Diskriminatif Dalam Kerangka Multikultural.” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha 9, No. 2 (November 2021): 440–53. Https://Doi.Org/10.23887/Jpku.V9i2.34146.

Kerukunan, Membangun, Antarumat Beragama, Budaya Lokal, Menyama Braya, Denpasar Bali, And Kunawi Basyir. “Membangun Kerukunan Antarumat Beragama Berbasis Budaya Lokal Menyama Braya Di Denpasar Bali.” Religió Jurnal Studi Agama-Agama 6, No. 2 (September 2016): 186–206. Https://Doi.Org/10.15642/Religio.V6i2.603.

Daheri, Mirzon, Edi Nurhidin, and Idi Warsah. "Kompetensi Guru Profesional: Potret Perjuangan Pendidikan Islam Syekh Jalaludin." An-Nawa: Jurnal Studi Islam 4, no. 2 (2022): 126-135.

Susanti, Y. “Pembelajaran Multi Kultural Di Sekolah.” Journal Of Arts Research. Osf.Io, 2020. Https://Osf.Io/C7v6a/Download.

Daheri, Mirzon. "Pendidikan Multikultural Di Amerika: Tinjauan Sejarah Dan Kebijakan." Jurnal Pendidikan" EDUKASIA MULTIKULTURA" 3, no. 1 (2021): 8-14.

Warsah, Idi. “Pendidikan Keluarga Muslim Di Tengah Masyarakat Multi- Agama: Antara Sikap Keagamaan Dan Toleransi ( Studi Di Desa Suro Bali Kephiang- Bengkulu).” Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 13, No. 1 (2018): 1–24.

Yanto, Murni, Idi Warsah, Ruly Morganna, Imron Muttaqin, And Destriani. “Intercultural Sensitivity Of Educational Management Students As The Future’s Educational Leaders In Indonesia.” International Journal Of Sociology Of Education 11, No. 3 (2022): 263–90. Https://Doi.Org/10.17583/Rise.10483.

Downloads

Published

2023-07-31

Issue

Section

Articles