Penerapan Kedisiplinan Belajar Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Program Tahfidz Peserta Didik di SMA Negeri 3 Bengkulu Tengah

Authors

  • Gigih Prasetyo SMAN 3 Bengkulu Tengah

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, Kedisiplinan, Tahfidz Qur’an

Abstract

Tulisan ini membahas tentang penerapan kedisiplinan belajar pendidikan agama Islam dalam meningkatkan program tahfidz di SMA Negeri 3 Bengkulu Tengah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan subjek utama penelitian adalah siswa SMA Negeri 3 Bengkulu Tengah. Dalam penelitian ini penulisan menggunakan teknik pengambilan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan kedisiplinan belajar Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan pelaksanaan program tahfidz peserta didik di SMA Negeri 3 Bengkulu Tengah. Hal tersebut sesuai pengamatan yang dilakukan bahwa peserta didik yang disiplin dalam belajar Pendidikan Agama Islam bisa lebih paham tentang ajaran Islam sehingga dapat mengamalkannya terutama dalam hal pelaksanaan tahfidz qur’an.

References

Arifin. (2000). Kapita Selekta Pendidikan. Jakarta: Sinar Grafika Ofset. Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Djamarah, S. B. (2008). Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika.

Imron, A. (2011). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurfalah, Y. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam terhadap Anak. Jurnal Pemikiran Keislaman, 29(1), 85–99. Retrieved from https://ejournal.iaitribakti.ac.id/index.php/tribakti/article/view/567/363

Purnama, D. S. (2006). Upaya Guru dalam Mengembangkan Disiplin Belajar Siswa. Paradigma, 1(1), 101–109. Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/4820/1/ UPAYA_GURU_DALAM_PENGEMBANGAN.pdf

Ramayulis. (2005). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Salleh, M. S. (2013). Strategizing Islamic Education. International Journal of Education and Research, 1(6), 1–14. Retrieved from https://www.ijern.com/journal/June-2013/13.pdf

Shaleh, A. R. (2009). Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suryadi. (2006). Kiat Jitu dalam Mendidik Anak. Jakarta: Edsa Mahkota.

Usman, M. B. (2002). Metodologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: Ciputat Pers.

Downloads

Published

2023-07-31

Issue

Section

Articles