PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Siti Syarifah SDN Tanjung Harapan

Keywords:

Kata kunci: Pendidikan Karakter, Anak Sekolah Dasar.

Abstract

Dalam rangka membangun karakter anak yang berkualitas, perlu dibentuk dan dibina sejak dini. Pendidikan karakter pada Sekolah Dasar (SD) merupakan sebuah upaya untuk membangun karakter siswa sejak usia anal-anak. Karakter sangat erat hubungannnya dengan nilai nilai agama, kejiwaan, akhlak dan budi pekerti seseorang yang membedakan terhadap yang lainnya. Di era modernisasi ini, banyak terjadi pergeseran moral yang mengakibatkan hilangnya karakter anakanak Indonesia. Untuk itu pendidikan harus turut andil dalam membangun pendidikan karakter pada anak, sehingga anak-anak Indonesia dapat menjadi individu yang memiliki karakter yang sesuai dengan jati diri bangsa ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mengetahui bagaimana penerapan pendidikan karakter pada siswa Sekolah Dasar. Penelitian kami menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur yaitu mengumpulkan teori yang telah ada dan menyimpulkannya menjadi teori yang baru. Dari penelitian ini kami menemukan bahwa pendidikan karakter dapat diterapkan di sekolah dasar melalui metode penerapan nilai karakter saat belajar berlangsung, metode belajar di luar kelas, membantu korban bencana, dan pemecahan masalah/kasus yang membuat siswa berpikir kritis untuk menyelesaikannya.

Kata kunci: Pendidikan Karakter, Anak Sekolah Dasar.

References

Ahmadi, M. Z., Haris, H., & Akbal, M. (2020). Penerapan Program Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah. Jurnal Phinisi Integration Review, 3(2), 305. https://doi.org.0.26858/pir.v3i2. 14971

Anam, Khoirul. (2016). Pembelajaran Berbasis Inkuiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Aushop, A. Z. 2014. Islamic Character Building: Membangun Insan Kamil, Cendekia Berakhlak Qurani. Bandung: Grafindo Media Pratama.

Bohlin, Farmer., Dan Ryan. (2001). Building Character in Schools : A Resource Guide. California: Jossey-Bass.

Departemen Pendidikan Indonesia (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Judiani, S. (2010). Penerapan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16.

Kesuma, Dharma. (2012). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muchlas, Samani & Hariyanto. (2013). Konsep dan Model : Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Ramdhani, M. A. (2013). Lingkungan Pendidikan dalam Penerapan Pendidikan Karakter.

Savitra, K. (2017). 15 Pengertian Karakter Menurut Para Ahli. [Online] Tersedia: https://dosenpsikologi.com/pen gertian-karakter-menurut-paraahli

Soemanto, Wasty. 2003. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Susiyanto, M.W. (2014). Analisis penerapan pendidikan karakter disekolah dalam rangka pembentukan sikap disiplin siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi IKIP Veteran Semarang, 2(1).

Tobing, P. L. (2007). Knowledge Management: Konsep, Arsitektur, dan Penerapan. Jogyakarya: Graha Ilmu.

Wardani, K. (2014). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di SD Negeri Taji Prambanan Klaten. Proceeding Seminar Nasional Konservasi Dan Kualitas Pendidikan.

Wibowo, Agus. (2012). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Downloads

Published

2023-08-19

Issue

Section

Articles