Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Media Gambar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas II Materi Ayo Berwudu di SD Negeri 150 Rejang Lebong

Studi pada siswa kelas II di SD Negeri 150 Rejang Lebong

Authors

  • Aprianti SD Negeri 150 Rejang Lebong

Keywords:

Motivasi Belajar Siswa, Media Gambar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas II dengan menggunakan media gambar di SD Negeri 150 Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang melibatkan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Terdapat dua siklus penelitian, setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari enam siswa kelas II SD Negeri 150 Rejang Lebong. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan angket. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa selama proses pembelajaran. Analisis data lembar observasi respon siswa pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata sebesar 79,16%, sedangkan pada siklus II mencapai 87,50%, mengalami peningkatan sebesar 8,34%. Hasil analisis data angket motivasi belajar siswa pada siklus I adalah 81,66%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 91,66%, dengan peningkatan sebesar 10%. Dengan Demikian, kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media gambar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 150 Rejang Lebong.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Indriana, Dina. 2011. Mengenal Ragam Gaya Pembelajaran Efektif. Yogyakarta: Diva Press.

Kunandar. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Nasution. 2013. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sadirman, A.S, dkk. 2014. Media Pendidikan Pengertian, Pemngembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sardiman. 2012. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Suprihatiningrum, Jamil. 2016. Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi, Depok: AR-RUZZ MEDIA.

Tampubolon, Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.

Yudistira, H. Dadang. 2013. Menulis Penelitian Tindakan Kelas yang Apik: Asli Perlu Ilmiah Kosisten, Jakarta: Grasindo.

Downloads

Published

2023-08-19

Issue

Section

Articles