Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Aqidah Kelas VIII SMP N 41 Rejang Lebong

Authors

  • susi mariani SMPN 41 Rejang Lebong

Keywords:

hasil belajar, media audio visual, pembelajaran agama islam.

Abstract

Kurangnya penguasaan materi aqidah pada siswa membuat guru harus menggunakan dan memilih media pembelajaran yang tepat agar siswa bisa paham materi ini. Media audio visual dirasa tepat untuk pembelajaran materi ini karena siswa gemar menggunakan handphone dan melihat youtube. Penelitian ini berjudul “ Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Aqidah Kelas VIII SMP N 41 Rejang Lebong ”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivitas peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII SMP N 41 Rejang Lebong menggunakan media audio visual dengan metode penelitian tindakan kelas. Prosedur yang digunakan mencakup 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil yang diperoleh setelah dilakukan tindakan menunjukan peningkatan secara segnifikan dimana nilai rata- rata siswa pada siklus I 70,00 dan mengalami peningkatan pada siklus ke II dimana nilai rata- rata siswa 80,90. Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa merupakan dampak dari pembelajaran dengan penerapan media pembelajaran audio visual. Dari hasil pengujian ada perbedaan hasil belajar antara siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil ini disarankan bahwa  guru hendaknya dapat menggunakan dan menerapkan Media pembelajaran audio visual dalam pembelajaran agama Islam dan diharapkan terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa.

References

Arikunto, Suharsimi. 1997. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Daheri, Mirzon. "Religious Moderation, Inclusive, and Global Citizenship as New Directions for Islamic Religious Education in Madrasah." Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 1 (2022): 64-77.

Daheri, Mirzon, Edi Nurhidin, and Idi Warsah. "Kompetensi Guru Profesional: Potret Perjuangan Pendidikan Islam Syekh Jalaludin." An-Nawa: Jurnal Studi Islam 4, no. 2 (2022): 126-135.

Berg. Euwe Vd. 1991. Miskonsepsi Agama Islam dan Remidi. Salatiga: Universitas Kristen Satya wacana.

Hamalik. Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Masriya. 1999. Analisis Butir Tes. Surabaya: Universitas Press.

Mukhlis, Abdul. 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah Panitia Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Untuk Guru-guru Kabupaten Tuban.

Nur, Moh. 2001. Pemotivasian Siswa Untuk Belajar. Surabaya: Universitas press Universitas Negeri Surabaya.

Roestiyah, N.K. 1989. Masalah-Masalah Ilmu Keguruan. Jakarta: Bina Aksara.

Sudjadi, dkk. 2008. Pedoman Penulisan dan Ujian Skripsi. Surabaya: Unesa Universitas Press.

Sukidin dkk. 2022. Manajemen Penelitian. Tindakan Kelas. Surabaya: Insane. Cendekia.

Suryosubroto, B. 1997. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Usman, Uzer. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Widoko. 2000. Metode Pembelajaran Konsep. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Downloads

Published

2023-07-31

Issue

Section

Articles