Penerapan Metode An-Nahdliyah Jilid 6 Siswa Kelas V Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di SD Negeri 2 Rukti Harjo

Penerapan Metode

Authors

  • JUMONO SDN 2 Rukti Harjo

Abstract

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif diskriptif dengan tujuan menggambarkan penerapan metode An-Nahdliyah jilid 6 untuk membaca Al-Qur’an Siswa Sekolah Dasar yang kurang mampu dalam membaca Al-Qur’an pada pelajaran PAI. Data penelitian ini adalah Siswa Kelas V B SD Negeri 2 Rukti Harjo Kec. Seputih Raman yang belum bisa membaca Al-Quran secara lancar. Dalam menganalisis kegiatan dan penerapannya, Peneliti melakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai data analisis untuk pembahasan dan kesimpulan dalam penelitian. Berdasarkan data penelitian, ada 3 tahapan yang dilakukan Guru PAI dalam menambahkan waktu belajar membaca Al-Qur’an kepada siswa yang belum baik membaca Al-Qur’an. Pertama adalah melakukan diskusi dengan dewan guru dan perangkat Sekolah Dasar. Kedua, Memilih Metode An-Nahdlyah untuk mengajarkan membaca Al-Qur’an yang dilaksankaan di Musola Sekolah Dasar, dan ketiga, memberikan kesempatan belajar membaca Al-Qur’an kepada anak didik di TPQ tempat Guru PAI mengajar.

 

Kata Kunci: PAI, An-Nahdliyah, Membaca, Al-Qur’an

References

Daftar Pustaka

Adawiyah, Fatniation (2021), “Variasi Metode Mengajar Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Siswa di Sekolah Menengah Pertama” Jurnal Paris Lakis 2 (1): 68-82. Doi:10.37304/paris.v2il.3316

Ahmad Tafsir, (2008), “Filsafat Pendidikan Islam, Cet. III”, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung

Ali Maskur, Saifudin, & Khoirotin Nisa (2019), “Peningkatan Kualitas Keberagaman melalui Pembelajaran Al-Qur’an bagi Keluarga Muda Urban” Dimas: Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan, Vol. 19, No. 1

Effendi, S., Ulinnuha, M., Masykur, A. R., Nafisah, M., & Hizbullah, M. (2022). Ensiklopedia Metode Baca Al-Qur'an di Indonesia. Jakarta: Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

LP. Ma’arif NU Cabang Tulungagung, Buku Cepat Tanggap Belajar Al-Qur’an Jilid 1-6

Nabilla, S., & Desmon, D. (2022). “Pengaruh Lingkungan Terhadap Perkembangan Anak”. Jurnal Ilmiah Zona Psikologi, 66-73.

Pimpinan Pusat Majlis Pembinaan Taman Pendidikan Al-Qur’an An Nahdliyah Tulungagung (2008) “Pedoman Pengelolaan Taman Pendidikan Al-Qur’an Metode Cepat Tanggap Belajar AL-Qur’an An Nahdliyah”, (Tulungagung: Pimpinan Pusat Majelis Pembinaan Taman Pendidikan Al-Qur‟an An-Nahdliyah Tulungagung).

Rohman, Syaiful, (2021), “Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode An-Nahdliyah Pada Era Pandemi Covid 19 (Studi Kasus di TPQ Al-Mubarok Dsn Sri Lestari Kampung Sriwijaya Mataram)” Fitrah: Journal of Islamic Education Vol. 2 No. 1 Juni 2021 https://jurnal.staisumatera-medan.ac.id/index.php/fitrah/article/view/58

Rusdiah, (2012), “Konsep Metode Pembelajaran Al-Qur’an” Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 2 No. 1

Safi’i, A. (2020). Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan, Gembira Dan Berbobot (Paikem Gembrot) Di SDI I Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru. Tulungagung: Akademia Pustaka.

Sumardi (2009), Tadarus Al-Qur’an (The Hope The Fear), Pesantren Ulumul Qur’an: Depok

Downloads

Published

2023-08-10

Issue

Section

Articles