Peran Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Anak-Anak Sekolah Dasar (SD)

Authors

  • Indra Wahyuni SD Negeri Kenanga Sari

Abstract

  • Pendidikan karakter merupakan salah satu aspek penting dalam pembentukan generasi muda yang berkualitas. Agama Islam memiliki peran yang signifikan dalam membentuk karakter anak-anak, terutama di tingkat Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam mengenai peran nilai-nilai agama Islam dalam pembentukan karakter anak-anak di SD. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai-nilai Islam memiliki peranan yang penting dalam pendidikan karakter anak sekolah dasar. Nilai-nilai agama Islam, seperti kejujuran, kesabaran, keadilan, dan kasih sayang, dapat membantu anak-anak menjadi individu yang kuat, beretika, dan bertanggung jawab. Dengan mempraktikkan nilai-nilai ini, anak-anak akan menjadi generasi yang berkontribusi positif dalam masyarakat. Oleh karena itu, penting bagi sekolah dan orang tua untuk mendukung dan memperkuat pembentukan karakter anak-anak SD melalui nilai-nilai agama Islam.

References

Aisyah, M. Ali. (2018) Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana.

Ajat Sudrajat. 2011. Mengapa Pendidikan Karakter?. Jurnal Pendidikan Karakter, Vol. 1, No. 1

Effendi, A. (2019). Pendidikan Karakter Berbasis Islam di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 123-136.

Haidar Putra Daulay. 2003. PENDIDIKAN ISLAM dalam Sistem Pendidikan Nasional Di Indonesia. Jakarta : Fajar Interpratama Offset.

Kemendikbud. 2017. Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter untuk Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kemendikbud

Khoiriyah, N. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Islam di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 189-202.

Mawardi, I. dan Styaningrum, E.D. (2009). “Pengaruh Metode Keteladanan Guru PAI terhadap Perilaku Keagamaan Siswa di SMP Negeri 1 Mungkid Kabupaten Magelang”. Tarbiyatuna Jurnal Penelitian & Pendidikan Islam, Vol. 1 No 1

Nata, A. (2016). Pendidikan Karakter Berbasis Islam di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 89-102.

Permendiknas No 22 Tahun 2006, Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Tingkat Dasar Dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Suyanto, M. (2019). Pendidikan Karakter Berbasis Islam di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 67-80.

Downloads

Published

2023-07-31

Issue

Section

Articles