Strategi Belajar The Power of Two dalam Meningkatkan Kerjasama Siswa Kelas V SDN 105 Rejang Lebong Pada Mata Pelajaran PAI

study kasus kelas V SDN 105 rejang Lebong

Authors

  • IDA YANA Institut agama islam negeri curup

Keywords:

kerjasama; The Power of Two

Abstract

Abstrak:  Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan kerjasama siswa kelas V di SDN 105 Rejang Lebong setelah menerapkan strategi The Power of Two yang dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran mata pelajaran PAI yang masih bersifat pasif serta belum adanya suasana yang interaktif antara guru dan siswa. Akibatnya siswa kurang memahami materi pelajaran, hasil belajar rendah dan bahkan terkadang siswa terlihat jenuh jenuh untuk belajar. Selain itu, strategi pembelajaran yang digunakan guru masih bersifat konvensional, guru menjelaskan materi pelajaran terlalu cepat sehingga siswa sulit untuk memahami materi yang telah disampaikan. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tiga siklus. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian aktivitas kerja siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 19,5 kategori kurang meningkat menjadi 26 kategori baik pada siklus II dan pada siklus III menjadi 42 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian disimpulkan bahwa setelah diterapkan strategi The Power of Two terjadi peningkatan kerjasama siswa kelas V SDN 105 Rejang Lebong pada mata pelajaran Pendiidkan Agama Islam.

References

Arikunto, Suharsimi,. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: BumiAksara, 2009

Bisyri Hadi Mafatih, Ahmad. Strategi BelajarDengan Cara Kooperatif . Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara, 2001.

Kunandar. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers, 2009

Latif, Abdul. Pendidikan Berbasis Nilai Kemasyarakat. Bandung: Refika Aditama, 2009

Silberman, Mel. Active Learning: 101 Strategies to Teach Any Subject. Jakarta: Pustaka Insan Madani, 2002.

Downloads

Published

2023-07-31

Issue

Section

Articles