Strategi Belajar The Power of Two dalam Meningkatkan Kerjasama Siswa Kelas V SDN 105 Rejang Lebong Pada Mata Pelajaran PAI
study kasus kelas V SDN 105 rejang Lebong
Keywords:
kerjasama; The Power of TwoAbstract
Abstrak: Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan kerjasama siswa kelas V di SDN 105 Rejang Lebong setelah menerapkan strategi The Power of Two yang dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran mata pelajaran PAI yang masih bersifat pasif serta belum adanya suasana yang interaktif antara guru dan siswa. Akibatnya siswa kurang memahami materi pelajaran, hasil belajar rendah dan bahkan terkadang siswa terlihat jenuh jenuh untuk belajar. Selain itu, strategi pembelajaran yang digunakan guru masih bersifat konvensional, guru menjelaskan materi pelajaran terlalu cepat sehingga siswa sulit untuk memahami materi yang telah disampaikan. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tiga siklus. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian aktivitas kerja siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 19,5 kategori kurang meningkat menjadi 26 kategori baik pada siklus II dan pada siklus III menjadi 42 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian disimpulkan bahwa setelah diterapkan strategi The Power of Two terjadi peningkatan kerjasama siswa kelas V SDN 105 Rejang Lebong pada mata pelajaran Pendiidkan Agama Islam.
References
Arikunto, Suharsimi,. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: BumiAksara, 2009
Bisyri Hadi Mafatih, Ahmad. Strategi BelajarDengan Cara Kooperatif . Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007
Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara, 2001.
Kunandar. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers, 2009
Latif, Abdul. Pendidikan Berbasis Nilai Kemasyarakat. Bandung: Refika Aditama, 2009
Silberman, Mel. Active Learning: 101 Strategies to Teach Any Subject. Jakarta: Pustaka Insan Madani, 2002.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 IDA YANA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.