Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa SMP N 9 Rejang Lebong

Authors

  • susiroyani SMPN 9 Rejang Lebong

Keywords:

media pembelajaran interaktif, keterampilan menulis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif terhadap peningkatan keterampilan menulis siswa SMP N 9 Rejang Lebong. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain kelompok kontrol pretest-posttest. Sampel penelitian ini melibatkan dua kelompok siswa, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan media pembelajaran interaktif dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui tes menulis sebelum dan setelah perlakuan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t independent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif berpengaruh positif signifikan terhadap peningkatan keterampilan menulis siswa SMP N 9 Rejang Lebong.

References

Abdussamad, H. Zuchri, and M. Si Sik. Metode Penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media Press, 2021. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=JtKREAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=METODE+PENELITIAN+KUALITATIF&ots=vDCzyV45O1&sig=_4YhBSIwAbIiocP3mDOsxnCpj3o.

Amin, Muhammad, Abdul Rahman Rahim, and Muhammad Akhir. “Keefektifan Media Video Tutorial Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VI SDN 143 Inpres Leko.” Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran 1, no. 2 (2021): 71–81.

Darmawan, Deni, Pipih Setiawati, Didi Supriadie, and Muthia Alinawati. “Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Englishsimple Sentencespada Mata Kuliah Basic Writing Di Stkip Garut.” Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia 15, no. 2 (2017): 630–44.

Harini, Hegar, Ahmad Gawdy Prananosa, and Ade Ananto Terminanto. “INOVASI TEKNOLOGI DALAM MENINGKATKAN EFISIENSI MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT DI ERA DIGITAL.” Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat 4, no. 6 (2023): 12891–97.

Harsiwi, Udi Budi, and Liss Dyah Dewi Arini. “Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4, no. 4 (2020): 1104–13.

Jamiâ, Ahmad, and Abdul Rosid. “Pengaruh Penggunaan Media Augmented Reality Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Berorientasi Kurikulum 2013 Pada Siswa Kelas VII MTS Negeri Bangkalan.” Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra 11, no. 1 (2018): 58–65.

Jaya, Suhatman, and R. Syahrul. “Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Media Gambar Siswa Kelas X. 1 SMA Negeri 2 Kota Sungai Penuh.” Bahasa, Sastra, Dan Pembelajaran 1, no. 2 (2013). https://ejournal.unp.ac.id/index.php/bsp/article/view/5000.

Karmiani, Sasti. “Penggunaan Media Komik Berbahasa Inggris Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas VIII SMPN 3 Teluk Kuantan.” Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran) 2, no. 6 (2018): 883–90.

Kusumastuti, Adhi, and Ahmad Mustamil Khoiron. Metode penelitian kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (LPSP), 2019.

Mala, Asnal, Budi Purwatiningsih, and Solchan Ghozali. “Implementasi Pengembangan Jiwa Literasi Entrepreneurship Pada Siswa Sekolah Dasar.” Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 5, no. 2 (2022): 120–44.

Novriyani, Neni, Irwan Satria, and Dina Putri Juni Astuti. “Pengaruh Media Pembelajaran Kartu Bercerita Terhadap Kemampuan Menulis Fabel Siswa Kelas VII SMP 15 Kabupaten Bengkulu Utara, Fakultas Tarbiyah Dan Tadris, UINFAS Bengkulu.” GHAITSA: Islamic Education Journal 4, no. 2 (2023): 430–42.

Ramadhani, Ayu, Marlina Agkris Tambunan, Vita Riahni Saragih, Jumaria Sirait, and Martua Reynhat Sitanggang Gusar. “Pengaruh Media Komik Digital Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Pendek.” JBSI: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia 2, no. 02 (2022): 251–60.

Saepuloh, Muhamad Fahmi, Lina Siti Nurwahidah, and Ari Kartini. “Media Pembelajaran Podcast Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi.” Caraka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Bahasa Daerah 10, no. 2 (2021): 107–16.

Sembiring, Rima Br, Beslina Afriani Siagian, and Pontas J. Sitorus. “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ISPRING SUITE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN SISWA.” Jurnal Literasi Pendidikan Dasar 4, no. 2 (2023): 36–44.

Sholeh, Muh Ibnu, and Nur Efendi. “Integrasi Teknologi Dalam Manajemen Pendidikan Islam: Meningkatkan Kinerja Guru Di Era Digital.” Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan Dan Pendidikan 5, no. 2 (2023): 104–26.

Sukana, Sukana. “Transformasi Pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Era Digital: Tantangan Dan Peluang Tahun 2024.” Jurnal Pendidikan Tambusai 8, no. 1 (2024): 3955–65.

Sylvia, Nur Indah, and Sri Hariani. “Pengaruh Penggunaan Media Pop-up Book Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal PGSD Universitas Negeri Surabaya 3, no. 02 (2015): 1197–1205.

Widyaningsih, Nina. “Keefektifan Penggunaan Media Vlog (Video Blogging) Dalam Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Gamping Tahun Ajaran 2018/2019.” Jurnal Skripta 5, no. 1 (2019). http://journal.upy.ac.id/index.php/skripta/article/view/123.

Downloads

Published

2023-11-29

Issue

Section

Articles