Kesulitan Guru Pada Proses Pembelajaran Matematika Di MIS Masyariqul Anwar Selirit
Keywords:
Kesulitan guru, kesulitan belajar, matematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan-kesulitan apa saja yang guru hadapi pada proses pembelajaran matematika di MIS Masyariqul Anwar Selirit khusunya dan bagaimana solusi yang ditawarkan terkait kesulitan yang dihadapi oleh guru pada proses pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah diskriptif. Subjek penelitian yaitu guru mata pelajaran matematika kelas 4 MIS Masyariqul Anwar Selirit. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara terstruktur dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa kesulitan yang dialami guru dalam pembelajaran matematika yang meliputi: 1) kurangnya minat belajar siswa pada pelajaran matematika; 2) menanamkan pemahaman konsep kepada siswa; 3) daya tangkap siswa yang berbeda (ada yang lambat dan ada yang cepat); 4) Kurangnya motivasi orang tua terhadap siswa (komunikasi satu arah); 5) menumbuhkan kepercayaan diri siswa. Solusi yang ditawarkan terkait kesulitan yang dihadapi yaitu: 1) Guru harus memberikan motivasi belajar kepada siswa; 2) pemberian Reward; 3) memberikan pelajaran tambahan bagi siswa; 4) menggunakan media pembelajaran dan metode yang bervariasi pada saat proses pembelajaran, dan 5) ikut aktif dalam kelompok kerja guru (KKG) dan pelatihan-pelatihan
References
Alwi, M (2009). Peran Kelompok Kerja Guru (KKG) Dalam meningkatkan Profesional Guru Sains Sekolah. Jurnal Education, 4(2), 101-107.
Chusna Amri Firda. (2016). Upaya Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Pangenrejo Kecamatan purwerejo, Kabupaten, Purwerejo. Dari http://core.ac.uk
Djamarah Syaiful Bahri. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Banjarmasin: Rineka Cipta
Firdausiyah, Umi Wasilatul, dan Hardivizon Hardivizon. “Ideologi Bencana Dalam Perspektif Al-Qur’an: Analisis Kata Fitnah Pada Surah Al-Anbiya[21]:35 Dengan Teori Ma’na-Cum-Maghza).” Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir 6, no. 2 (31 Desember 2021): 83–94. doi:10.15575/al-bayan.v6i2.13839.
Geary, D. C. (2004). Mathematics and Learning Disabilities. Journal of Learning disabilities, 37(1), 4–15. https://doi.org/10.1177/00222194040370 010201
Gularso, D. (2017). Analisis kesulitan dalam perencanaan pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2).
Idris, N., & Narayanan, L. M. (2011). Error Patterns in Addition and Subtraction of Fractions among Form Two Students Journal of Mathematics Education, 4(2), 35–54. Retrieved from http://educationforatoz.com/images/Idris.pdf ).
Karim, A. (2011). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Dalam Pembelajaran matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, Edisi Khus(2), 154–163.
Listiani, N. (2015). Pengaruh Kesiapan Belajar Dan Kecerdasan Spiritual Siswa Terhadap Motivasi Belajar Matematika Di Smp Negeri 16 Kota Cirebon. IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Pranata, O. H. (2007). Pembelajaran Berdasarkan Tahap Belajar Van Hiele untuk Membantu Pemahaman Siswa Sekolah Dasar dalam Konsep Geometri Bangun Datar. Universitas Pendidikan Indonesia.
Purnanda, A. (2013). Pelaksanaan Fungsi Kelompok Kerja Guru ( Kkg ) Di Sekolah Dasar Negeri ( Sdn ) Kecamatan Sungai Tarab. Jurnal Administrasi Pendidikan, 1, 1–8.
Puspiadi, G. A. (2015). Analisis Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Studi Kasus Di Kelas Vii Smpn Satu Atap 2 Terisi Indramayu. IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Ruseffendi. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan RND. Bandung: Alfabeta
Tambychick, T., & Meerah, T. S. M (2010). Students difficulties in mathematics problem-solving: What do they say? Procedia- Social and behavioural Sciences, 8(5), 141-151. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.020.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Leni Marlina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.