Memahami Tafsir dan Hikmah Di Balik al-Qur’an Surah al-Anfal Ayat 39

Authors

  • sitiria iain curup

Keywords:

Al-qur’an, perang, jihad.

Abstract

Abstrak: Artikel ini membahas tentang surah Al- Anfal ayat 39, secara bahasa Al Anfal dalam bahasa Arab berarti harta rampasan atau jarahan. Namun, lebih detailnya surah Al Anfal membahas tentang hukum perang, tata cara perang dan bagaimana tata cara pembagian harta rampasan hasil perang. Beberapa hukum perang juga dijelaskan didalam surat Al Anfal ini seperti di antaranya adalah hukum memakan harta rampasan perang, larangan lari saat perang, hukum untuk menegakkan tauhid serta anjuran agar taat terhadap para pemimpin. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian pustaka (library research). Pada saat ini baik secara fisik budaya dan bahkan pikiran dan politik, masyarakat hanya memandang bahwa perang hanya dimaknahi dengan perang fisik banyak ayat-ayat Al-Qur’an yang berbicara tentang perang,namun tujuan dan sasaran makna dari ayat-ayat tersebut berbeda-beda, dalam melakuan perang Islam mempunyai suatu tujuan yang tersendiri dimana perang dilakukan dengan tujuan untuk mempertahankan diri dari serangan dan dalam rangka menjaga penyebaran dakwah, sedangkan dakwah itu sendiri adalah merupakan rangkaian dari jihad namun tidak termasuk dalam qital hal inilah yang banyak dipahami masyarakat saat ini bahwa mereka beranggapan perang itu hanya sebatas jihad. Pada pembahasan Q.S Al-Anfal Ayat 39 ini adalah sebagai petunjuk yang diberikan kepada umat Muslim pada masa itu untuk menghadapi musuh-musuh mereka dalam pertempuran. Jika dilihat dari masa sekarang maka surah Al Anfal ayat 39 ini adalah berjuang dijalan Allah SWT adalah termasuk jihad yang dilandasi oleh niat yang bersungguh-sungguh karena agama Allah SWT. Berjihad dalam konteks ini bukan dengan menyerang tempat ibadah umat agama lain yang justru akan membuat konflik.

References

Abu, Al-Fida' al-Thabari. 1988. Tafsir Al-Qur'an Al-Azhim. Beirut: Dar al-Ma’rifah.

Alwi, Muhammad HS,dkk. Metode Al-Qur’an dalam Menstranformaasi Peperangan Menjadi Perdamian (Reintrepretasi Ayat-Ayat Pedang Berbasis Analisis Tartib Nuzuli). Vol.19, No. 2.

Chirzin, Muhammad. 2006. Kontroversi Jihad Di Indonesia: Modernis Vs Fundamentalis.Yogyakarta: Pilar Media.

Irawan, Deni. 2014. Kontroversi makna dan konsep jihad dalam al- Qur’an tentang menciptakan perdamaian,Religi. Vol. X, No.1.

Departemen Agama RI. 1987. Al Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: PT Syaamil Cipta Media.

Baidan, Nashruddin dan Erwati Aziz. 2006. Metodologi khusus Penelitian Tafsir. Yogyakarta: Pustaka Pelajar).

Hamim, Thoha, dkk. 2007. Resolusi Konflik Islam Indonesia. Surabaya: PT LkiS Pelangi Aksara.

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Surah Al-Anfal

Quran.com-Indonesia. (n.d.). QS. Al-Anfal ayat 39. Retrieved from https://quran.com/id/8/39

Tafsir Quraish Shihab

Tafsir Al- Maraghi Jilid 9 Oleh Ahmad Mushthafa Al- Maraghi

Downloads

Published

2023-08-19

Issue

Section

Articles